Banyak mengonsumsi 5 makanan ini dapat membantu meredakan nyeri sendi

Banyak mengonsumsi 5 makanan ini dapat membantu meredakan nyeri sendi
freepik.com

Brilio.net - Gaya hidup sehat saat ini menjadi salah satu prioritas masyarakat Indonesia, khususnya kaum urban. Maklum, aktivitas yang padat membutuhkan stamina atau daya tahan tubuh prima.

Rajin berolahraga, tidur yang cukup, mendapat paparan sinar matahari pagi dan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang merupakan aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjalankan gaya hidup sehat tersebut.

Namun bagi mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, acapkali merasa kesulitan dalam menerapkannya. Gaya hidup yang kurang sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi fast food, makanan manis, dan berlemak menjadi salah satu faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, salah satunya nyeri sendi.

Apabila hal ini terjadi, tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih persendian berperan penting bagi pergerakan tubuh dan sudah selayaknya menjaga kesehatan sendi menjadi salah satu prioritas bagi setiap orang.

Untuk itu, penting kiranya memperbaiki asupan makanan agar mengurangi risiko nyeri sendi, menguatkan tulang dan menunjang sistem daya tahan tubuh. Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sendi yang berhasil dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023).

1. Seafood

Banyak mengonsumsi 5 makanan ini dapat membantu meredakan nyeri sendi (Foto: Amenic181/Freepik.com)

Seafood yang berasal dari golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin yang dapat membantu memelihara kesehatan sendi serta mengurangi keluhan nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada osteoarthritis.

2. Bawang Putih

Banyak mengonsumsi 5 makanan ini dapat membantu meredakan nyeri sendi (Foto: Racool_studio/Freepik.com)

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai anti inflamasi dan dapat mengurangi gejala nyeri sendi. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tertentu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Sayuran hijau

Banyak mengonsumsi 5 makanan ini dapat membantu meredakan nyeri sendi (Foto: jcomp/Freepik.com)

Ragam sayuran seperti kembang kol, jamur, dan brokoli baik dikonsumsi untuk kesehatan sendi karena mengandung sifat anti-inflamasi yang penting untuk membantu mengurangi gejala radang sendi. Selain itu, Sulforafan yang terdapat dalam sayuran hijau juga dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya