Berbahan dasar teh, ini bedanya teh tarik, milk tea dan thai tea

Berbahan dasar teh, ini bedanya teh tarik, milk tea dan thai tea

Brilio.net - Teh merupakan salah satu minuman yang selalu bisa kamu temukan dalam setiap menu-menu tempat makan di mana saja. Mulai dari angkringan di pinggir jalan, warteg, restauran cepat saji, bahkan restauran kelas atas pun pasti menyediakan minuman berbahan dasar daun teh ini. Rasanya yang khas apalagi kalau dinikmati dengan tambahan es batu akan semakin menghilangkan dahagamu atau kalau lagi butuh yang bikin tenang, cukup seduh teh dengan secangkir air hangat.

Mengikuti perkembangan zaman, kini teh nggak cuma dinikmati dalam kondisi panas atau dingin saja. Banyak varian rasa dan kreasi teh yang bisa kamu pilih saat ini, seperti teh tarik, milk tea, dan yang kreasi teh paling hits saat ini yaitu thai tea. Tapi sebenarnya kamu tahu nggak sih perbedaan dari ketiga teh ini? Warna dan rasanya yang serupa kadang bikin kamu terkecoh. Padahal mereka adalah tiga minuman yang berbeda.

Meski sama-sama berbahan dasar teh, berikut perbedaan antara teh tarik, milk tea, dan thai tea seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/1).

1. Teh Tarik

Berbahan dasar teh, ini bedanya teh tarik, milk tea dan thai tea

foto: pinterest/aiping

Yang menjadi ciri khas dari teh ini adalah cara pembuatannya. Sesuai dengan namanya, cara membuat teh ini yaitu dengan menuang teh dari satu gelas ke gelas lain. Proses menuang teh ini terlihat seperti sedang ditarik. Teh tarik berbahan dasar teh dan susu, sehingga menghasilkan rasa yang manis tapi ada sedikit rasa pahitnya. Varian teh berwarna cokelat muda dengan busa di atasnya ini banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia dan India.

2. Milk Tea.

Berbahan dasar teh, ini bedanya teh tarik, milk tea dan thai tea

foto: pinterest/acupofmai.com

Sebenarnya varian teh jenis ini memiliki bahan dasar yang sama dengan teh tarik, yaitu susu dan teh. Namun yang membedakan ialah cara pembuatannya yang tidak 'ditarik-tarik' seperti teh tarik. Cukup diseduh dan mengaduk kedua bahan dasar teh ini saja. Biasanya milk tea dijual dengan tambahan toping seperti bubble atau agar-agar. Rasanya pun cenderung lebih manis.

3. Thai Tea.

Berbahan dasar teh, ini bedanya teh tarik, milk tea dan thai tea

foto: pinterest/dixiecrystals

Nah minuman yang lagi ngehits akhir-akhir ini pasti kamu pernah minum kan? Berbeda dengan dua varian teh sebelumnya, thai tea memiliki warna oranye dengan rasa manis dan milky. Rasa milky yang ada pada thai tea berasal dari campuran bahan-bahan dasarnya seperti susu evaporasi, susu kental manis, krimer dan gula. Sesuai dengan namanya, daun teh yang digunakan thai tea biasanya berasal dari Thailand.

(brl/del)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya