Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa

Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa
unsplash.com

Brilio.net - Perut kembung dan begah bisa terjadi ketika menjalani puasa. Kondisi ini pun bisa mengurangi stamina saat beraktivitas selama puasa.

Dilansir dari nhs.uk, perut kembung terjadi karena kandungan gas di perut tinggi. Sedangkan peningkatan gas ini bisa berasal dari makanan tertentu yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Supaya terhindar dari perut kembung, sebaiknya hindari makanan yang memicu gas. Bahkan ada beberapa bahan makanan yang dipercaya sehat tetapi justru bisa bikin kembung, lho.

Penasaran apa saja bahan makan makanan yang bisa bikin perut kembung? Simak ulasannya yang telah BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Minggu (10/4).

1. Brokoli.

Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa

foto: unsplash.com

Brokoli termasuk jenis sayuran silang yang lezat dan seringkali dijadikan pilihan untuk membuat menu makan sehat. Namun ternyata brokoli juga bisa membuat kembung, lho. Dilansir dari healthline.com, brokoli mengandung salah satu jenis karbohidrat yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

2. Produk susu.

Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa

foto: freepik.com

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt juga perlu diperhatikan jumlah konsumsinya saat sahur dan berbuka. Supaya terhindar dari kembung dan tetap nyaman saat menjalani puasa, lebih baik menghindari konsumsi jenis makanan ini.

Menurut laporan di European Review for Medical and Pharmacological Sciences yang dilansir dari medicalnewstoday.com, jika kamu memiliki intoleransi terhadap laktosa, mengonsumsi cenderung produk susu bisa menyebabkan kembung, kram perut, hingga diare.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya