Bukan cuma direbus, ini cara mengolah ayam potong supaya bebas lemak dan kolesterol

Bukan cuma direbus, ini cara mengolah ayam potong supaya bebas lemak dan kolesterol
TikTok/@yuan572

Brilio.net - Daging ayam termasuk protein hewani yang mudah didapat. Mudahnya beternak ayam membuat daging ayam bisa dibeli dengan harga terjangkau. Biasanya daging ayam akan diolah jadi berbagai macam menu untuk lauk makan sehat berprotein tinggi.

Selain protein, daging ayam juga mengandung banyak nutrisi lain, lho. Dilansir dari healthline.com, daging ayam mengandung vitamin B6 dan asam pantotenat. Kedua nutrisi tersebut bisa menambah energi sehingga tubuh tetap fit untuk menjalani aktivitas.

Walau dikenal sehat dan kaya nutrisi, namun daging ayam ternyata mengandung lemak dan kolesterol. Kandungan lemak dan kolesterol ini cenderung lebih tinggi pada daging ayam potong atau broiler dibandingkan ayam kampung, terutama pada bagian kulitnya. Dilansir dari gizi.fk.undip.ac.id, dalam 100 gram kulit ayam terdapat 363 kkal (kalori) dan total lemak sebanyak 33 gram serta kolesterol sebanyak 63 mg.

Batas normal kolesterol pada tubuh adalah di bawah 200 mg. Meskipun kolesterol di kulit ayam masih di bawah batas normal, namun jumlah ini tetap terbilang besar untuk ukuran satu jenis bahan makanan saja. Apalagi kolesterol pada kulit ayam biasanya merupakan kolesterol jahat (LDL) yang berasal dari lemak jenuh.

Untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterolnya, sejumlah orang biasanya hanya akan mengolah ayam dengan cara direbus. Memang, merebus daging ayam bisa meluruhkan lemak penyebab kolesterol. Namun cara ini terkadang masih kurang ampuh.

Ada trik lain yang bisa kamu terapkan jika ingin mengonsumsi ayam potong supaya lebih sehat. Seorang pengguna TikTok bernama @yuan572 pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Mulanya, dia hendak membuat ayam goreng, namun sebelum digoreng, dia melakukan beberapa tahapan agar daging ayam yang dikonsumsi jadi lebih sehat.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya