Bukan dari gula, ini cara bikin karamel ala rumahan yang lebih sehat

Bukan dari gula, ini cara bikin karamel ala rumahan yang lebih sehat
foto: TikTok/@moresaltplease

Brilio.net - Manisnya saus karamel membuat makanan satu ini disukai oleh banyak orang. Karamel biasanya disajikan sebagai saus atau topping di berbagai makanan penutup. Namun kini, karamel juga digunakan sebagai tambahan rasa atau topping berbagai minuman bahkan es krim. Karamel sendiri terbuat dari bahan dasar gula pasir yang terbentuk melalui proses karamelisasi.

Proses tersebutlah yang kemudian membuat karamel memiliki tekstur yang lengket dan berwarna kecokelatan. Karamel sendiri memiliki dua jenis, yaitu karamel basah dan kering. Karamel basah biasanya dibuat dengan cara memasak gula dan air. Sedangkan karamel kering bentuknya lebih keras dan terbuat dari gula yang dilelehkan.

Lantaran terbuat dari gula, karamel menjadi pantangan bagi para penderita diabetes. Selain itu, karena kandungan gulanya yang tinggi, karamel juga dianjurkan untuk tidak dikonsumsi setiap hari. Demi menjaga agar kadar gula darah tidak makin meningkat, penderita diabetes perlu menjaga asupan makan. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi gula.

Meski begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati karamel. Nggak melulu pakai gula, karamel ternyata bisa juga dibuat dengan bahan pengganti yang lebih sehat. Cara membuat karamel tanpa gula ini dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok bernama Nicole Rizza. Meski dibuat tanpa memakai gula sebagai campurannya, tapi tekstur dan rasa tidak jauh berbeda dari karamel biasanya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya