Bukan dengan air beras, ini cara hilangkan rasa panas di tangan akibat cabai hanya pakai 1 bahan dapur

Bukan dengan air beras, ini cara hilangkan rasa panas di tangan akibat cabai hanya pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@cikrey_ana32

Brilio.net - Untuk para pencinta makanan pedas, rasa pedas pada makanan memang bisa membuat hidangan terasa lebih nikmat dan menambah selera makan. Di Indonesia sendiri, jenis cabai yang paling sering dibudidayakan dan kerap dikonsumsi yaitu cabai rawit dan cabai keriting.

Biasanya bahan dapur satu ini diolah dengan cara dibuat sambal atau sebagai campuran pada masakan. Semakin banyak jumlah cabai yang digunakan, maka masakanmu juga akan terasa makin pedasnya.

Namun, tak jarang ketika sedang memasak sebuah makanan yang menggunakan cabai, rasa panasnya akan menempel di tangan. Aktivitas seperti memotong atau menguleg cabai inilah yang menyebabkan tangan menjadi panas lantaran kandungan capsaicin.

Ketika memotong atau menguleg cabai, bagian dari senyawa capsaicin akan terbuka dan terkena kontak langsung dengan kulit tangan. Sehingga kulit akan merasakan panas, terbakar, hingga iritasi akibat hal tersebut. Dengan begitu, kamu harus mengetahui cara menghilangkannya.

Umumnya orang memakai air cucian beras untuk menghilangkan rasa panas tersebut. Tapi lain cerita dengan warganet satu ini. Salah satu unggahan di TikTok dengan akun @cikrey_ana32 memberikan trik bagaimana menghilangkan rasa panas bekas cabai di tangan hanya menggunakan satu bahan dapur saja. Cara tersebut langsung dipraktikkan oleh perempuan asal Malaysia tersebut. Penasaran caranya?

Magang: Nabila Arkania

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya