Bukan dengan menambahkan air, ini trik atasi adonan bakso yang keras

Bukan dengan menambahkan air, ini trik atasi adonan bakso yang keras
foto: YouTube/Bangkit Bakso

Brilio.net - Siapa yang bisa menolak kelezatan dari bakso? Olahan daging sapi yang berbentuk bulat ini sulit untuk ditolak karena rasanya yang enak dan bikin nagih. Selain enak, bakso juga bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Nggak cuma disajikan dengan kauh, bakso pun bisa dikreasikan menjadi lauk pendamping sepiring nasi.

Tak cuma bisa diolah menjadi isian sup, bakso juga bisa dibakar atau tumis dengan tambahan berbagai sayuran dan bahan makanan lainnya. Meskipun di luaran sana sudah banyak yang menjual bakso dalam bentuk frozen, namun apa salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa memilih bahan campuran yang digunakan, dengan membuat bakso sendiri juga hasilnya lebih banyak.

Cara membuat bakso pun sebenarnya terbilang mudah. Kamu tinggal menggiling atau menghaluskan daging sapi bersama aneka bumbu seperti bawang putih goreng, kaldu sapi, garam, gula, merica, baking powder, air, dan tepung tapioka. Sebelum mencetak adonan menjadi bulat-bulat, pastikan terlebih dahulu tekstur adonannya.

Jika dirasa adonan bakso terlalu padat atau keras, jangan menambahkan air. Hal tersebut malah akan merusak adonan. Sebagai gantinya, cukup tambahkan es batu dalam adonan. Cara tersebut dibagikan channel YouTube bernama Bangkit Bakso ini. Menurutnya, trik ini ampuhmembuat adonan bakso jadi tidak terlalu padat atau keras.

“Mudah! cara mengatasi adonan bakso yang gagal, adonan bakso yang keras (akas),” tulisnya dilansir BrilioFood pada Selasa (22/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya