Bukan di freezer, begini cara menyimpan jamur tiram agar awet dan tak busuk berhari-hari

Bukan di freezer, begini cara menyimpan jamur tiram agar awet dan tak busuk berhari-hari
foto: YouTube/NR Ranee

Brilio.net - Jamur yang dapat dikonsumsi punya jenis bermacam-macam. Ada jamur kancing, kuping, portabella, shiitake, enoki, tiram, dan lain sebagainya. Tapi, tampaknya jamur tiram bisa dibilang sebagai yang paling populer karena enak dan mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau.

Di samping itu, jamur tiram juga mengandung sejumlah khasiat untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, jamur tiram kaya antioksidan, vitamin, mineral, dan kandungan bioaktif. Sejumlah nutrisi dari jamur tiram ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung serta imun, mengontrol gula darah stabil, serta mencegah inflamasi, lho.

Nggak mengherankan lagi jikajamur tiram sering dijadikan pilihan menu makanan sehari-hari. Namun, jika menyimpan jamur tiram sebagai stok bahan makanan di rumah, seringkali bisa jadi tantangan tersendiri. Pasalnya, jamur tiram dikenal tak tahan lama meski sudah disimpan di kulkas. Rupanya, hal ini bisa dikarenakan oleh cara penyimpanannya yang kurang baik, lho.

Salah seorang warganet bernama Ranee sempat menceritakan pengalamannya seputar menyimpan stok jamur tiram di rumah, nih. Dulunya, ia masih sering gagal karena mengira jamur tiram yang disimpan di freezer lebih tahan lama. Tapi, ternyata freezer justru bikin jamur tiram tak segar lagi, lho. Namun, kini Ranee sudah mengetahui caranya agar jamur tiram lebih awet sampai berhari-hari.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya