Bukan di freezer, ini trik menyimpan air kelapa agar tidak mudah basi

Bukan di freezer, ini trik menyimpan air kelapa agar tidak mudah basi
YouTube/Al-Mubarok Pamekasan

Brilio.net - Air kelapa muda kerap dimanfaatkan sebagai campuran es atau dikonsumsi langsung. Kesegaran air kelapa muda memang selalu bisa menghilangkan haus dan dahaga. Selain itu, rasa manis alaminya juga membuat banyak orang senang mengonsumsi air kelapa.

Namun di balik rasanya yang enak, air kelapa memiliki umur simpan yang terbatas, lho. Hal ini lantaran air kelapa sangat mudah busuk atau basi. Air kelapa yang busuk biasanya ditandai dengan adanya karbonasi (timbul gas), bau menyengat, dan rasanya berubah jadi asam. Jika sudah muncul tanda-tanda tersebut, air kelapa tentu tidak layak lagi dikonsumsi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan air kelapadengan baik. Nah, biasanya sebagian orang memilih untuk menyimpannya di freezer supaya lebih awet dan tahan lama. Padahal sebenarnya ada trik lain yang bisa diterapkan ketika menyimpan air kelapa tanpa mengandalkan freezer, lho.

Trik ini pernah dibagikan oleh seorang warganet YouTube dengan akun Al-Mubarok Pamekasan. Dalam salah satu unggahannya, pengguna YouTube tersebut mengaku menerapkan sebuah trik khusus untuk mengawetkan air kelapa muda. Air kelapa yang diawetkan ini merupakan air kelapa segar yang baru diambil dari buahnya.

"Cara menyimpan air kelapa supaya awet dan bisa dipakai dalam beberapa hari ke depan, ini cara praktis yang bisa dilakukan oleh siapa saja," terang YouTube Al-Mubarok Pamekasan dikutip BrilioFood pada Rabu (25/1).

(brl/lut)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA