Bukan diputar berulang kali, ini cara melepaskan cup burner kompor yang berkerak dan susah dilepas

Bukan diputar berulang kali, ini cara melepaskan cup burner kompor yang berkerak dan susah dilepas
YouTube/BERBAGI DUNIA

Brilio.net - Sudah banyak orang memakai kompor setiap hari, tapi masih ada saja yang tidak tahu dengan bagian-bagiannya. Salah satu bagian yang penting di kompor adalah burner. Bagian ini berfungsi mempertemukan gas dan oksigen sehingga menghasilkan nyala api.

Tak hanya menyalakan api, burner juga dapat mengontrol pemakaian gas. Maka dari itu untuk menghindari kerusakan pada burner, pastikan kamu merawatnya dengan baik.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan cara membersihkannya secara berkala. Karena digunakan terus-menerus, burner pun cepat kotor. Namun jika didiamkan saja dalam waktu lama, kotoran tersebut akan berkerak dan lengket sehingga burner menjadi sulit dibuka. Dengan begitu, cup burner yang ada di bagian dalam tidak bisa dibersihkan secara maksimal.

Agar burner kompor bisa dibersihkan secara maksimal, kamu perlu melepaskan setiap bagiannya satu per satu. Namun, karena sudah terlanjur muncul kerak atau karat yang menempel, hal itu membuat proses membersihkan menjadi semakin sulit.

Sebagian orang sengaja mencungkilnya dengan pisau atau obeng. Padahal hal itu malah akan membuat bagian kompor menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

"Membersihkan burner gas memang kadang tak semudah yang terlihat di video, kenyataannya tak semudah itu. Contohnya kompor gas ini, begitu diangkat tungkunya, cup burner utamanya langsung keangkat, tapi tidak pada bagian cup burner api lilinnya," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube BERBAGI DUNIA pada Selasa (31/1).

Bukan diputar berulang kali, ini cara melepaskan cup burner kompor yang berkerak dan susah dilepas

foto: YouTube/BERBAGI DUNIA

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya