Bukan pakai air fryer, ini trik goreng nugget tanpa minyak agar tetap renyah

Bukan pakai air fryer, ini trik goreng nugget tanpa minyak agar tetap renyah
foto: YouTube/Kdaawzahab

Brilio.net - Nugget sudah sejak lama jadi frozen food yang bisa dijadikan stok lauk di rumah. Biasanya, ibu-ibu gemar menyimpan stok lauk satu ini terutama saat menyiasati anak yang ogah makan. Lantaran rasa nugget yang enak dan teksturnya renyah, seringkali anak-anak yang susah makan bisa jadi doyan.

Nugget ini juga kerap jadi jalan ninja bagi kebanyakan orang yang punya segudang kesibukan agar tetap bisa masak. Pasalnya, nugget memang praktis banget untuk diolah. Tinggal digoreng menggunakan minyak panas, nugget pun siap disajikan pakai nasi hangat.

Namun, banyak ahli maupun penelitian soal kesehatan yang menganjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan satu ini. Dilansir dari foodnetwork.com, nugget merupakan makanan olahan yang nutrisinya cenderung rendah dan mengandung bahan pengawet, sehingga penting untuk mengurangi konsumsinya.

Nugget juga seringkali dimasak menggunakan minyak. Dilansir dari goodrx.com, gorengan yang dimasak menggunakan minyak biasanya tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Kalau mengonsumsi gorengan yang dimasak pakai minyak secara berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, sampai penyakit arteri koroner.

Salah satu solusi lebih aman untuk bisa mengonsumsi nugget adalah dengan memasaknya tanpa minyak. Zaman sekarang, memang sudah ada alat penggorengan khusus bernama air fryer yang bisa dipakai untuk menggoreng tanpa minyak. Tetapi, memang tak semua orang memiliki alat satu ini.

Nah, salah seorang warganet bernama Kdaawzahab sempat membagikan trik agar tetap bisa memasak nugget tanpa minyak walaupun tidak menggunakan air fryer, nih. Hasil gorengan nugget tanpa minyak ini menurutnya juga nggak kalah bagus dibanding pakai cara memasak lainnya, lho.

"Malah jauh lebih crunchy daripada pakai minyak," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Kdaawzahab, Selasa (24/1).

Bukan pakai air fryer, ini trik goreng nugget tanpa minyak agar tetap renyah

foto: YouTube/Kdaawzahab

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya