Cara ampuh basmi kerak menahun di kompor gas, kinclong dengan tiga bahan

Cara ampuh basmi kerak menahun di kompor gas, kinclong dengan tiga bahan
YouTube/Jan Sae

Brilio.net - Meskipun jadi alat dapur yang paling sering dipakai, namun rupanya tidak sedikit orang justru malas membersihkan kompor gas secara berkala. Padahal saat memasak, biasanya ada banyak cipratan minyak, kuah, noda makanan, bekas gosong bisa menempel di kompor. Noda-noda ini dapat memicu perkembangan jamur dan bakteri di kompor gas.

Selain bikin nggak higienis, noda pada kompor gas ini bikin tampilannya jadi tampak begitu kotor. Lebih parah lagi, noda tersebut juga bisa berkembang jadi kerak jika dibiarkan dalam waktu lama. Kerak ini bisa timbul ketika kompor yang kotor tidak dibersihkan hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Noda kerak pada kompor gas ini tentu akan sulit dibersihkan.

Nah, perlu tenaga ekstra untuk membersihkan kompor yang memiliki kerak menahun seperti ini. Meski sudah digosok dengan keras sekalipun, noda keraktersebut tidak bisa serta-mertahilang.

Untuk mengatasi kerak kompor menahun, kamu bisa meniru tutorial membersihkan kerak kompor yang pernah dipaparkan oleh seorang warganet bernama Jan Sae. Dalam salah satu unggahannya di YouTube, dia menampilkan kompor yang sudah sangat kotor dan berkerak di area sekitar tungku. Rupanya kerak tersebut berawal dari noda gosong yang dibiarkan dalam waktu yang lama.

"Ini (kompor) kotor banget, karena ini mungkin ada sekitar tiga tahunan kali, ya, nggak dibersihin," kata YouTube Jan Sae.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya