Cara bersihkan cetakan kue lumpur yang masih baru agar tidak hitam

Cara bersihkan cetakan kue lumpur yang masih baru agar tidak hitam
YouTube/Hidupku Sebagai Debbie

Brilio.net - Cetakan kue tradisional biasanya terbuat dari bahan dasar aluminium cor. Cetakan kue lumpur yang bentuknya bulat dan cekung pun demikian. Cetakan kue lumpur berbahan aluminium ini biasanya cenderung lebih kokoh serta tahan panas. Sehingga aman digunakan ketika proses masak dengan suhu tinggi.

Selain digunakan membuat kue lumpur, cetakan ini juga kerap dipakai untuk kue tradisional lain, lho. Misalnya saat membuat kue cubit, kue apem, kue gandus, hingga martabak mini.

Karena cenderung multifungsi, tidak sedikit orang kemudian membutuhkan dan menyimpan cetakan ini. Namun saat masih baru dibeli, biasanya masih terdapat serbuk halus di bagian permukaan cetakan kue. Ketika diusap dengan tangan, serbuk hitam tersebut malah menempel.

Serbuk ini biasanya berasal dari sisa aluminium cor yang luntur pada saat pembuatan cetakan. Serbuk hitam ini cenderung menempel kuat. Sehingga jika tidak dibersihkan dengan benar, serbuk hitam ini bisa ikut menempel pada adonan kue lumpur yang dibuat.

Masalah tersebut tidak bisa diatasi hanya dengan mencuci cetakan kue lumpur seperti membersihkan piring pada umumnya. Ada trik khusus untuk membersihkan cetakan kue lumpur supaya serbuk hitamnya benar-benar hilang.

Melalui video yang dilansir BrilioFood dari YouTube/Hidupku Sebagai Debbie pada Jumat (23/9), diperlihatkan cetakan yang baru dibeli memiliki serbuk hitam di berbagai sisinya.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA