Cara bersihkan ikan mas agar empedu tak pecah dan pahit saat dimasak

Cara bersihkan ikan mas agar empedu tak pecah dan pahit saat dimasak
TikTok/@ayo.makanikan

Brilio.net - Selain jadi peliharaan, ikan maskerap pula dijadikan bahan dasar berbagai masakan. Tidak hanya harganya yang terjangkau, jenis ikan air tawar ini juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari protein, kalsium, vitamin A, hingga omega-3.

Namun pernah nggak sih menemukan olahan ikan mas yang rasanya pahit saat disantap? Biasanya rasa pahit ini akan terasa lebih pekat pada daging di dekat perut ikan mas. Rasa pahit ini rupanya bukan karena kualitas ikan mas yang buruk, melainkan adanya kesalahan saat membersihkan dagingnya.

Daging ikan mas yang terasa pahit ini bisa disebabkan karena empedu pecah ketika perut ikan dibersihkan. Hal ini sejalan dengan penjelasan yang dipaparkan oleh seorang pedagang ikan bernama Kang Bay melalui akun TikToknya. Melalui salah satu video yang diunggah, Kang Bay memaparkan penyebab daging ikan mas bisa pahit saat dimakan.

"Kenapa kadang ikan mas rasanya pahit ya, kak? Jadi kalian harus hati-hati sama ini nih yang warna hitam. Ini namanya empedunya," jelas Kang Bay dikutip BrilioFood dari TikTok/@ayo.makanikan pada Selasa (8/11).

Cara bersihkan ikan mas agar empedu tak pecah dan pahit saat dimasak

foto: TikTok/@ayo.makanikan

Empedu tersebut berwarna hijau gelap dan berukuran kecil. Saat dipecahkan, empedu akan mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kuning. Ketika cairannya menempel pada daging ikan mas, empedu ini akan membuat rasa dagingnya justru pahit dan tidak enak. Oleh karena itu, cara membersihkan ikan mas harus diperhatikan supaya empedunya tidak ikut terpotong dan pecah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya