Cara bersihkan ikan patin agar isi perut hilang dan bebas bau lumpur

Cara bersihkan ikan patin agar isi perut hilang dan bebas bau lumpur
YouTube/Gojali Chanel

Brilio.net - Patin dikenal sebagai salah satu jenis ikan berkumis ordo dan termasuk keluarga pangasiidae. Ikan patin ini pun hidup secara berkelompok baik di sungai besar, muara sungai, serta di danau. Makanya jenis ikan satu ini banyak diternak untuk kebutuhan konsumsi lauk pauk masyarakat.

Tak sekadar dimakan biar perut kenyang, tapi ikan patinjuga bermanfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, ikan patin mengandung protein, lemak baik, vitamin, dan tinggi mineral. Sehingga jika dikonsumsi, ikan ini bisa menyehatkan otak, jantung, mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh jadi makin kebal dari virus dan penyakit.

Tapi, walaupun dikenal rasanya enak dan nutrisinya tinggi, ikan patin masih sering dihindari sejumlah orang, lho. Hal ini dikarenakan ikan patin memiliki aroma tidak sedap. Aroma tak sedap ikan patin ini cenderung mirip dengan bau lumpur. Hal ini bisa terjadi apabila ikan patin tidak dibersihkan dan dimarinasi dengan baik.

Nah, salah seorang warganet bernama Gojali punya rahasianya biar ikan patin tak lagi bau. Ia bagikan caranya lewat unggahan di media sosialnya. Menurutnya, bau lumpur dari ikan patin ini berasal dari kulit dan insangnya. Sehingga harus dibersihkan dengan benar terlebih dahulu sebelum dimasak.

"Banyak orang malas makan ikan patin karena kalau dimasak itu bau lumpur, nah saya akan membuat tutorialnya biar nggak bau lumpur," ucap Gojali, dilansir BrilioFood dari YouTube/Gojali Chanel pada Rabu (14/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya