Cara bikin adonan telur congkel ala pedagang keliling agar gurih dan nggak amis

Cara bikin adonan telur congkel ala pedagang keliling agar gurih dan nggak amis
foto: YouTube/OmahELok Kitchen

Brilio.net - Siapa sih yang bisa nolak jajanan jadul yang sering ada di depan sekolah-sekolah? Kalau sudah menemui banyak pedagang jajanan keliling, bisa-bisa auto kalap karena lapar mata. Tetapi, jajanan khas pedagang keliling memang terkenal enak dan bervariasi abis.

Buat penggemar jajanan manis, pasti sudah nggak asing dengan pukis, kue ape, kue cubit, kue putu, dan lainnya. Di samping itu, jajanan gurih juga nggak kalah beragam, contohnya ada tela-tela, batagor, pentol tusuk, telur gulung, sampai telur congkel.

Ngomong-ngomong soal telur congkel, hidangan satu ini juga dikenal punya julukan lain di daerah masing-masing, seperti telur korea, telur dadar mini, maupun telur dadar abang-abang. Meski punya nama berbeda-beda, tapi hidangan ini punya satu kesamaan, yakni adonan telurnya dimasak menggunakan loyang dengan bentuk bulat kecil-kecil.

Saat sedang "ngidam" makanan satu ini dan ingin membelinya, terkadang sang pedagang nggak bisa ditemui begitu saja. Kalau belum berjodoh buat makan telur congkel dari pedagangnya langsung, salah satu solusinya cuma memasaknya sendiri. Nah, salah seorang warganet bernama Elok punya rahasia olahan telur congkel yang enak, nih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya