Cara bikin es krim ini kreatif abis, nggak perlu pakai mixer

Cara bikin es krim ini kreatif abis, nggak perlu pakai mixer
TikTok/@panggilakusinar

Brilio.net - Banyak orang menyukai es krim, baik muda maupun tua. Hidangan dingin satu ini memiliki cita rasa nikmat banget. Apalagi jika dikonsumsi saat cuaca sedang panas-panasnya, bikin tenggorokan jadi lebih segar. Es krim yang kerap ditemui di pasaran punya rasa dan bentuk yang berbeda-beda.

Ada es krim stik batangan, es krim cone, gelato, es krim puter, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya, pabrik pembuat es krim punya alat khusus untuk memproses baik mencampurkan bahan, mengaduk, membentuk adonan, membekukan, sampai menyimpannya dengan teknologi canggih. Tetapi, ada pula es krim rumahan yang hanya diolah pakai alat-alat dapur.

Umumnya, ketika membuat es krim sendiri di rumah memerlukan mixer untuk menghasilkan adonan yang sempurna. Tak cukup hanya diaduk, wadah berisi adonan es krim kemudian diletakkan di atas es batu dan garam. Tahu nggak sih kalau kedua bahan ini penting dipakai untuk membuat es krim?

Dilansir dari thekitchn.com, saat membuat adonan, es krim bisa dengan mudah mengeras dan membeku jadi kristal-kristal es. Makanya, dibutuhkan garam yang bisa menghasilkan reaksi kimia, yaitu dengan menurunkan titik beku, sehingga tekstur adonan es krim tetap lembut selama proses pembuatan sampai akhirnya jadi.

Namun tak selamanya butuh mixer, salah seorang siswa SMA melalui video TikTok membagikan cara simpel dan kreatif bikin es krim. Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@panggilakusinar pada Jumat (2/9), ia sukses membuat es krim tanpa memakai mixer.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya