Cara bikin pempek kapal selam isi telur nggak mudah bocor, antigagal

Cara bikin pempek kapal selam isi telur nggak mudah bocor, antigagal
TikTok/@indriyantiradia

Brilio.net - Saat mendengar masakan khas Palembang, pasti yang muncul di kepala pertama kali adalah pempek. Makanan ini punya banyak penggemar karena rasanya gurih dan tekstur kenyalnya nikmat. Ditambah lagi, pempek biasanya juga dilengkapi kuah cuko pedas yang membuat rasanya semakin enak.

Umumnya, pempek dibuat pakai daging ikan yang dicampur adonan tepung. Namun, ada pula kreasi pempek khas rumahan yang tanpa daging ikan sama sekali, lho. Pempek tanpa ikan ini biasa disebut pula dengan nama pempek dos. Rasanya juga tak kalah lezat.

Pempek biasanya direbus terlebih dahulu untuk mematangkan adonannya. Setelah itu, ada yang lebih senang langsung menyantapnya maupun digoreng lagi agar hasilnya semakin renyah. Jenis pempek ada banyak macamnya. Mulai dari lenjer, keriting, pistel, lenggang, adaan, kapal selam, dan sebagainya.

Nah, kapal selam merupakan primadona di antara beragam jenis pempek. Pasalnya, pempek kapal selam memiliki isian telur yang dinilai istimewa. Selain memperkaya rasa, isian telur ini juga bikin lebih kenyang.

Tahukah kamu bagaimana cara memasukkan telur ke dalam pempek kapal selam ini? Rupanya, banyak yang salah memasukkannya, lho. Sehingga, telur bisa-bisa bocor baik saat pempek dibentuk maupun ketika direbus.

Nah, rupanya ada trik supaya telur tersebut nggak keluar alias tak bocor dari pempek, nih.

"Tips dan trik untuk pemula agar pempek telur tak mudah bocor. Selamat mencoba ," tulis TikTok/@indriyantiradia dilansir BrilioFood pada Senin (22/8).

Melalui video yang ia unggah, akun tersebut membagikan rahasia bagaimana cara memasukkan telur ke dalam pempek. Menurutnya, telur jangan langsung dimasukkan karena perlu diolah terlebih dahulu biar lebih mudah, yakni dengan dibekukan.

Cara bikin pempek kapal selam isi telur nggak mudah bocor, antigagal

foto: TikTok/@indriyantiradia

Langkah pertama, jadikan satu telur dan kocok telur di mangkuk sampai rata. Cara ini menurutnya jauh lebih hemat, lho. Setidaknya menurutnya dengan 10 butir telur bisa menghasilkan 100 isian pempek.

Nah, telur yang sudah dikocok tadi kemudian dicetak menggunakan wadah es batu berbentuk bulat sebelum dibekukan. Jika telur sudah beku, kemudian masukkan ke adonan pempek.

Cara bikin pempek kapal selam isi telur nggak mudah bocor, antigagal

foto: TikTok/@indriyantiradia

Untuk memasukkannya pun harus hati-hati walaupun telur sudah dalam keadaan beku, biar bentuk pempek tetap bagus. Pertama bentuk pempek jadi bulat agak lonjong, beri lubang menggunakan jari sampai seukuran telur, lalu masukkan telur ke dalamnya.

Cara bikin pempek kapal selam isi telur nggak mudah bocor, antigagal

foto: TikTok/@indriyantiradia

Setelah itu ditutup hingga membentuk pempek kapal selam seperti pada umumnya. Pastikan tak ada lubang lagi di pempek. Di sisi lain, rebus air lalu masukkan pempek.

Bagaimana, jadi lebih mudah kan untuk membuat pempek kapal selam? Melihat video ini, tak sedikit warganet yang turut memberikan komentar.

"klu pempek telor besar , bisa gk kak di es dulu? yg susah bikin pempek telor besar pecah terus," tanya akun TikTok/@kity S.

"waah... trimaksih Bun..dapet ilmu," kata akun TikTok/@Hermina siahaan.

"wahhh ide baru ni, AQ paling takut buat pempek telut cozdh bocor," ungkap akun TikTok/@Aisyahmikha.

"heheee..cerdasnya bundaaa,,itu yg bikin aku males bikin pake telor," ujar akun TikTok/@yoean.

"klo mau pake satu telur buat isi empek2 kapal selam. itu yg putihx agak di kurangi. didihkn airx dulu. lalu kecilkn apix. baru masuk empek2x.," jelas akun TikTok/@belyana.

@indriyantiradia Tips dan trik untuk pemula agar pempek telur tak mudah bocor. Selamat mencoba #pempek #pempektelur #tipsandtricks #tipsbuatkamu #masakansimple #resepsimple She Share Story (for Vlog) -

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya