Cara cepat mencabut tulang ikan teri basah, mudah tanpa bantuan alat

Cara cepat mencabut tulang ikan teri basah, mudah tanpa bantuan alat
foto: TikTok/@nonnibetania

Brilio.net - Pasti kamu sering menemukan ikan teri yang dijual dalam kondisi sudah kering. Ikan teri ini biasanya sudah melalui tahap pengolahan. Pada tahap ini, ikan teri akan dikeringkan hingga kandungan airnya hilang. Biasanya pengeringan ini dilakukan supaya ikan teri bisa lebih awet.

Meskipun begitu, banyak pedagang yang juga menjajakan ikan teri basah. Jenis ikan teri ini memang diminati banyak orang karena kondisinya yang masih segar. Dengan begitu, ikan teri bisa diolah sendiri jadi berbagai macam jenis masakan.

Berbeda dengan ikan teri kering, ikan teri basah ini harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Karena biasanya, beberapa jenis ikan teri mengandung jeroan yang harus dibuang. Selain itu, sebagian orang juga memilih untuk membuang tulang ikan teri sebelum siap dimasak.

Membuang bagian tulang ikan teri ini bisa membuatnya lebih aman dikonsumsi, lho. Karena tak jarang, tulang ikan ini justru bisa tersangkut di tenggorokan, yang dapat menimbulkan cedera. Padahal mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan ini juga cukup susah. Untuk menghindari hal tersebut, buang tulang ikan teri basah sebelum diolah.

Walau ikan teri memiliki bentuk yang kecil, sebenarnya bagian tulang ini bisa dicabut dengan mudah, lho. Seorang pengguna TikTok dengan akun @nonnibetania pernah membagikan tutorial singkatnya. Dia tampak hendak membuat tulang ikan teri sembari mengeluarkan jeroan di bagian dalamnya.

"Sebenarnya ini bisa dimakan langsung sih, cuma nggak suka kalau sampai ke tulang-tulangnya," kata TikTok @nonnibetania.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya