Cara cepat mengupas jengkol mentah, praktis tanpa pisau

Cara cepat mengupas jengkol mentah, praktis tanpa pisau
YouTube/HELDA WINJAYA

Brilio.net - Bagi sebagian orang, jengkoltermasuk bahan makanan yang bisa dijadikan pengganti daging. Lantaran tekstur jengkol cenderung empuk, dianggap mirip dengan daging yang sudah dimasak. Selain itu, jengkol yang diolah dengan bumbu dan rempah juga dikenal lezat dan bikin nambah nasi.

Ketika mengolah jengkol, ada satu tahapan penting yang harus diperhatikan, nih. Salah satunya saat proses mengupas jengkol yang masih mentah. Pasalnya, jengkol sendiri memiliki dua lapisan kulit. Pertama, lapisan kulit luar yang keras. Kedua, lapisan kulit ariyang tipis di bagian dalam. Kulit luar jengkol bisa dengan mudah dipatahkan dengan benda keras dan tajam seperti pisau. Namun, berbeda dengan kulit ari bagian dalam jengkol.

Usut punya usut, kulit ari jengkol ini dikenal terlampau sulit dikupas karena cenderung tipis. Sehingga butuh kehati-hatian lebih saat ingin mengupasnya agar tidak bikin tangan terluka. Dengan kata lain, proses mengupas jengkol pun jadi lebih lama, kan?

Padahal sebenarnya, ada sebuah cara lain yang bisa dipraktikkan untuk mengupas jengkol mentah, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh seorang warganet YouTube bernama Heldi. Melalui channel YouTube HELDA WINJAYA, dia memiliki cara lain yang lebih efektif dan cepat ketika mengupas kulit jengkol.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya