Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus
TikTok/@setyokorian

Brilio.net - Hampir semua menu makanan Indonesia pasti cocok disantap bersama kerupuk. Mulai dari pecel, soto, masakan Padang, rawon, nasi liwet, dan banyak lagi lainnya. Topping atau makanan pendamping kerupuk bikin sensasi makan jadi lebih menggugah selera.

Kerupuk udang jadi salah satu primadona, nih. Selain gurih, sensasi kriuknya juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan tak sedikit orang beranggapan, rasanya kurang lengkap kalau makan tanpa ada kerupuk udang.

Saking populernya, kerupuk udang bahkan kerap disajikan di restoran hingga hotel berbintang. Namanya kerupuk, rasanya sama, baik ala rumahan maupun hotel bintang lima. Namun demikian, ternyata kerupuk udang yang sering disajikan di hotel memiliki bentuk yang cantik dan rata alias nggak bengkok, lho.

Jika digoreng asal cemplung ke minyak panas, umumnya kerupuk udang menghasilkan bentuk yang melengkung. Bahkan jika tidak digoreng dengan cara tepat, kerupuk udang malah akan lebih mudah patah dan bantat.

Lantas kira-kira bagaimana cara menghasilkan tekstur kerupuk udang antimelengkung dan tetap mekar, ya?

Salah satu warganet pemilik akun TikTok/@setyokorian tak pelit membagikan trik menggoreng kerupuk agar hasilnya berkualitas bak hotel bintang lima, nih.

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

foto: TikTok/@setyokorian

Dilansir BrilioFood pada Selasa (2/7), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggoreng kerupuk udang. Pertama, pastikan tingkat api yang digunakan cenderung sedang. Menurutnya tingkat temperatur api penting untuk menghasilkan kerupuk udang yang mekar dan cantik.

"wajan rumahan bisa kak. yang penting tingkat temperatur apinya tidak boleh tinggi," ungkapnya.

Lalu tuang minyak cukup banyak di panci penggorengan. Tunggu sampai minyak panas terlebih dahulu. Pastikan menggunakan minyak baru supaya hasil kerupuk lebih putih dan tidak ada sisa makanan yang menempel.

Setelah itu, goreng kerupuk secara deep frying. Ketika kerupuk dimasukkan, langsung tekan-tekan dengan spatula supaya lebih mengembang dan mekar. Hal ini juga bertujuan agar bentuk kerupuk tidak terlalu melengkung saat digoreng. Cukup goreng sebentar hingga mekar.

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

foto: TikTok/@setyokorian

Jika kerupuk sudah cukup mekar, langsung angkat dan letakkan di atas bidang datar. Saat kondisi kerupuk masih panas, tekan menggunakan benda datar seperti piring. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan. Proses menekan ini pada dasarnya jadi salah satu kunci untuk menghasilkan bentuk kerupuk lebih cantik dan tak bengkok.

Namun pastikan dengan telitik, kerupuk tersebut masih dalam kondisi sangat panas. Lantaran tekstur kerupuk panas masih lembek atau belum mengeras, sehingga akan lebih mudah jika mau dibentuk. Jika kerupuk dibiarkan terlalu lama usai digoreng, teksturnya akan mulai mengeras dan berpotensi hancur ketika ditekan.

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

foto: TikTok/@setyokorian

Pemilik video tersebut turut membandingkan hasilnya dengan kerupuk yang digoreng biasa tanpa proses penekanan. Perbedaannya pun cukup signifikan, lho. Kerupuk udang yang digoreng biasa cenderung lebih bengkok atau melengkung. Selain itu, ada bagian yang patah di satu sisinya.

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

foto: TikTok/@setyokorian

Disukai lebih dari dua ribu pengguna, video tersebut turut menarik perhatian warganet. Sebagian ada yang berkomentar bahwa proses meluruskan kerupuk udang bisa dilakukan dengan dua spatula sekaligus.

"tanpa d tekan bisa kok lurus,minyak banyak,api panas sedang,pake 2 sutil," ungkap akun TikTok/@smfood2609.

Namun ternyata cara tersebut pun tidak bisa membuat kerupuk udang jadi lebih datar secara sempurna.

"Lurusnya beda kak. lebih perfect hasilnya jika ditekan pakai benda datar," jelas sang pemilik video.

Di samping itu, sejumlah warganet lain merasa terbantu dengan trik menggoreng kerupuk udang yang telah dibagikan oleh TikTok/@setyokorian.

"Sblmnya g pernah bs goreng krupuk ky gini..mluker2 semua..mayan dpt ilmu ," kata akun TikTok/@triatin01.

"hmmm bs ditiru itu teorinya," ujar pengguna TikTok/@devadebrut.

"terima kasih atas ilmunya," tulis akun TikTok/@eryujhghh melalui kolom komentar.

"menambah pengetahuan," pungkas akun TikTok/@kopijahe_00.

@setyokorian #cateringmadiun #cateringkantoran #edukasikuliner #tipsmemasak Cooking Time - Lux-Inspira

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya