Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas

Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas
YouTube/Joshua Weissman

Brilio.net - Masak nggak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berprofesi di bidang kuliner. Siapa saja sebenarnya bisa memasak. Bahkan tak sedikit teknik memasak ala chef profesional bisa dipelajari sendiri. Salah satunya dari memegang pisau yang tepat untuk memotong makanan.

Rupanya, ada teknik memegang pisau yang benar biar memotong jadi lebih mudah dan aman. Jika kurang tepat, bisa berisiko menyebabkan cidera saat memotong, lho. Salah satu chef yang akrab disapa Joshua Weissman sempat membagikan trik memegang pisau melalui YouTube pribadinya, nih.

Menurutnya, memang sudah banyak penjelasan soal memotong makanan dengan berbagai cara yang tersebar di media sosial. Namun, masih banyak pula yang belum tahu bagaimana cara memegang pisau dengan tepat, terutama para pemula.

"Let's first talk about how we're gonna hold this, very important. Keep seeing people grab up by the handle they're like all the way back here, it was zero control and they're just gonna like all over the place (Pertama mari kita bicara soal cara memegang pisau, sangat penting. Saya sering lihat orang-orang pegang gagang dari ujungnya, itu nggak terkontrol dan memotongnya jadi nggak beraturan)," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Joshua Weissman pada Rabu (12/10).

Joshua Weissman menjelaskan, kalau posisi jari saat menggenggam pisau penting diperhatikan agar tetap stabil. Caranya yakni letakkan ibu jari dan telunjuk tepat di bagian ujung belakang mata pisau yang dekat dengan gagangnya. Sementara posisi jari lainnya digunakan untuk menggenggam gagang pisau.

Cara jitu memegang pisau, lebih aman dan nggak mudah terlepas

foto: YouTube/Joshua Weissman

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya