Cara jitu menyimpan bawang putih cincang agar awet sampai 1,5 bulan tanpa kulkas

Cara jitu menyimpan bawang putih cincang agar awet sampai 1,5 bulan tanpa kulkas
YouTube/Ari Priyanti

Brilio.net - Bawang putih biasanya dapat dijadikan bumbu marinasi daging, roti gurih, tumisan, sup, dan lainnya. Selain menambah aroma nikmat, bawang putih juga ampuh bikin rasa masakan jadi lebih gurih dan sedap di lidah.

Di samping itu, bawang putih juga kerap dijadikan obat herbal karena manfaatnya dapat membantu mengatasi beragam permasalahan kesehatan tertentu. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, bawang putih dapat berfungsi sebagai antimikroba dan antivirus yang bisa atasi demam, tingkatkan imun tubuh, mencegah kanker, dan lain-lain.

Bawang putih sendiri mudah ditemui di pasaran, baik pasar tradisional, swayalan, sampai toko sayur kecil-kecilan. Namun, bagi sejumlah orang, daripada sering pergi wara-wiri beli bawang putih, lebih baik membeli satu kali dalam jumlah banyak lalu disimpan jadi stok. Biasanya, kebanyakan orang memilih menyimpan bawang putih dengan cara dikupas dan dicincang, kemudian diletakkan di kulkas.

Siapa sangka, untuk menyimpan bawang putih yang sudah dicincang tersebut bisa pula tanpa kulkas, lho. Hal ini dijelaskan oleh warganet bernama Ari lewat sebuah unggahan YouTube pribadinya. Ia juga mengaku gemar mengolah bawang putih cincang seperti ini karena lebih praktis saat ingin masak. Di samping itu, menurutnya cara mencincang bawang putih penting untuk diperhatikan karena bisa membantunya jadi lebih awet, nih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya