Cara melenturkan daun pisang dengan cepat agar tidak mudah sobek

Cara melenturkan daun pisang dengan cepat agar tidak mudah sobek
TikTok/@ameliasmsd

Brilio.net - Daun pisang biasa digunakan sebagai alat pembungkus makanan. Sebagian besar makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini merupakan hidangan tradisional seperti lontong, cenil, nagasari, lember, dan banyak lagi.

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang bisa mengeluarkan aroma yang khas. Tak heran jika daun pisang banyak diandalkan sebagai pembungkus, baik makanan tradisional maupun modern.

Sayangnya daun pisang yang sudah tua, kering, maupun baru diambil dari pohon umumnya memiliki tekstur kaku dan mudah sobek. Jika jenis daun pisang ini dipakai untuk membungkus makanan bisa-bisa jadi tidak sempurna, lho.

Cara melenturkan daun pisang dengan cepat agar tidak mudah sobek

foto: TikTok/@ameliasmsd

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melenturkan daun pisang agar tidak kaku dan mudah sobek. Umumnya, daun pisang lentur setelah dijemur di bawah sinar matahari yang cukup terik. Namun hal tersebut membuat proses pelenturan daun pisang justru lebih lama.

Sebuah akun TikTok/@ameliasmsd membagikan cara jitu melenturkan daun pisang secara cepat. Pertama, siapkan daun pisang yang sudah dipotong sesuai selera. Kemudian panaskan satu persatu daun pisang di atas kompor menggunakan api kecil.

Letakkan daun pisang di atas kompor sambil ditarik pelan-pelan. Cukup bakar atau panaskan daun pisang hingga warnanya berubah yang menandakan teksturnya sudah mulai lentur.

Cara melenturkan daun pisang dengan cepat agar tidak mudah sobek

foto: TikTok/@ameliasmsd

Video yang telah diputar lebih dari 100 ribu kali ini turut menarik perhatian warganet. Beberapa di antaranya pernah menerapkan cara serupa dan hasilnya pun memuaskan. Daun pisang jadi lebih lentur dan tidak mudah sobek saat digunakan sebagai pembungkus makanan.

"eh tapi bener loh , aku biasanya klo mau bikin pepes & semacam nya kalo ga ada terik matahari , di panasin gitu ke kompor daun pisang nya biar cepet," komentar akun TikTok/@dheavanny21 dikutip BrilioFood dari TikTok @ameliasmsd pada Minggu (10/7).

Bahkan ada juga warganet yang ternyata lama mencari cara melenturkan daun pisang agar tidak mudah sobek.

"kmrn pas maulid ga bisa Ngelenturin ny, eh pas ga butuh lg udh ada video cara Ngelenturin daun pisang," ungkap akun TikTok/@rjocha15.

@ameliasmsd Cara melenturkan daun pisang #TipsMasak ep1 | #jajanantiktok #daunpisang #tipsandtricks #tipsmasak #cookinghacks #fyp #fyp original sound - naqib

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya