Cara membersihkan noda gosong di panci rice cooker, cukup pakai satu bahan dapur

Cara membersihkan noda gosong di panci rice cooker, cukup pakai satu bahan dapur
foto: YouTube/Si Hadi

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu alat elektronik tangga yang penting dan wajib tersedia di rumah. Kegunaannya tidak hanya untuk menanak nasi, namun bisa juga dipakai untuk membuat nasi tetap hangat dan awet. Nggak cuma itu, rice cooker kerap dimanfaatkan untuk memasak bahan makanan lain.

Walaupun multifungsi, penggunaan rice cooker ini juga bisa menimbulkan masalah tersendiri, lho. Salah satunya adalah kerak nasi dan noda gosong pada bagian dasar panci. Untuk mengatasi masalah yang pertama, biasanya sebagian orang akan merendam bagian dalam panci rice cooker dengan air. Cara ini akan membuat kerak jadi lunak dan mudah diangkat.

Sayangnya, cara tersebut tidak berlaku pada kerak atau noda gosong. Noda gosong pada panci rice cooker ini cenderung lebih sulit dibersihkan. Merendamnya dengan air saja tidak bisa mengangkat noda gosong yang sudah berkerak. Di sisi lain, menggosok noda gosongnya dengan sabut kawat hanya akan merusak panci.

Noda gosong di panci rice cooker ini kerap menjadi masalah yang dialami banyak orang. Bahkan salah satu pengguna YouTube bernama Hadi juga pernah mengalami masalah tersebut. Dalam salah satu video yang diunggah, Hadi mengaku ada beberapa hal yang menjadi penyebab panci rice cooker jadi gosong, salah satunya adalah jumlah air yang digunakan untuk menanak nasi.

"Penyebabnya apa? Antara lain, air yang digunakan untuk memasak nasi itu terlalu sedikit, sehingga nasi belum masak, air sudah habis. Sehingga bisa mengakibatkan nasi gosong dan panci pun ikut gosong," terang YouTube Si Hadi dikutip BrilioFood pada Rabu (1/2).

Hadi menekankan bahwa air yang digunakan harus pas, sesuai dengan porsi beras yang hendak dimasak. Untuk mengukurnya, bisa dengan meletakkan salah satu jari tangan di atas beras. Nah, ukuran airnya harus seruas jari di atas batas beras yang dipakai.

Cara membersihkan noda gosong di panci rice cooker, cukup pakai satu bahan dapur

foto: YouTube/Si Hadi

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya