Cara membersihkan sisik ikan tanpa pisau, cuma pakai air panas

Cara membersihkan sisik ikan tanpa pisau, cuma pakai air panas
foto: TikTok/@thebiggerchef

Brilio.net - Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk rutin dikonsumsi karena tinggi protein. Tak hanya mengenyangkan, mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga bikin tubuh lebih sehat dan berenergi. Jenis ikan sendiri beragam, mulai dari ikan laut sampai ikan air tawar.

Meski terbilang mudah diolah, namun bukan berarti mengolah ikan tak ada hambatannya. Salah satu kesulitan yang sering ditemui dalam mengolah ikan adalah menghilangkan sisiknya. Meski terlihat sederhana hanya dengan pisau, namun terkadang masih ada sisik yang menempel.

Tak hanya itu, jika tak berhati-hati dalam menggunakan pisau, justru bisa melukai tangan. Selain menggunakan pisau, ada trik lain yang bisa digunakan untuk membersihkan sisik ikan, bahkan tanpa bantuan benda tajam. Walaupun memakan waktu cenderung lebih lama, namun cara ini bisa jadi jalan ninja saat kondisi darurat atau tidak adanya pisau.

Cara ini dibagikan Ken, juara 2 MasterChef Indonesia season 2 lewat akun TikTok pribadinya. Dalam video yang diungggah, Ken menunjukkan cara membersihkan sisik ikan yang baru dibeli di pasar hanya dengan beberapa miligram air dan tanpa alat.

"Kemaren beli ikan, eh sisiknya masi ada. Ini Cara Gampang Bersiin Sisik Ikan TANPA ALAT!!" tulisnya di video TikTok/@thebiggerchef, dilansir BrilioFood pada Kamis (15/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya