Cara membuat cincau agar tidak berbau daun, cuma pakai satu bahan

Cara membuat cincau agar tidak berbau daun, cuma pakai satu bahan
foto: Instagram/@eviwanq

Brilio.net - Cincau hijau sering kali dihidangkan menjadi minuman pelepas dahaga. Selain menyegarkan, cincau hijau juga kaya akan manfaat untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, cincau hijau mengandung kalsium, fosfor, vitamin A, C, B1, tinggi serat, dan rendah kalori yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, melawan bakteri yang masuk dalam tubuh, serta mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Sesuai namanya, cincau hijau terbuat dari daun cincau. Prosesnya adalah dengan mengambil daun cincau yang sudah tua, kemudian dicampur dengan air lalu diperas dan diambil sarinya. Sari tersebut kemudian didiamkan selama beberapa saat hingga terbentuk cincau yang kenyal dan lezat.

Meskipun terbilang cukup mudah, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara pembuatan cincau hijau yang tepat. Pasalnya, jika dilakukan secara asal-asalan, cincau yang dihasilkan masih memiliki bau daun. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa meniru cara membuat cincau yang ditunjukkan oleh YouTube/Rijaul Hafsy.

Di salah satu video yang diunggahnya, pemilik channel tersebut memberikan trik membuat cincau dengan menambahkan satu bahan makanan ke dalam campuran sari cincau.

"Resep terbongkar!!!cara membuat cincau agar tidak berbau daun dengan satu perasan saja," tulisnya dilansir BrilioFood pada Selasa (29/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya