Cara menghilangkan noda minyak di lap dapur, mudah dan antigagal

Cara menghilangkan noda minyak di lap dapur, mudah dan antigagal
foto: TikTok/@ayha_nurhidayah

Brilio.net - Kain lap merupakan salah satu barang di dapur yang memiliki fungsi sangat penting. Lap biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan yang berminyak dan kotor, seperti kompor maupun meja. Tak heran, kalau kain lap dapur jadi mudah kotor dan bernoda.

Tak cuma itu, lap dapur juga biasanya digunakan untuk mengelap permukaan yang basah. Jika tidak langsung dikeringkan, lap bisa jadi lembap dan berjamur. Noda dan minyak yang bertumpuk pada kain lap tentu lama-kelamaan akan menyebabkan kain lap terlihat kusam dan beraroma tidak sedap.

Terkadang, untuk menghilangkan noda dan minyak di lap dapur tidak cukup dengan detergen biasa. Ternyata ada satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada lap dapur, yakni menggunakan sodium percarbonate. Trik ini dibagikan oleh seorang konten kreator TikTok bernama Ayha Nurhidayah.

"Beneran Ampuh. Noda membandel dan noda minyak say good bye. Sehappy itu, gak perlu lagi nguras tenaga ngucek2," ujarnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@ayha_nurhidayah pada Selasa (27/9).

Cara menghilangkan noda minyak di lap dapur, mudah dan antigagal

foto: TikTok/@ayha_nurhidayah

Dalam video yang diunggah di akun TikToknya, lap dapur yang kotor direndam terlebih dahulu dengan cairan sodium percarbonate sebelum dicuci menggunakan detergen. Bukan dengan air biasa, kain lap yang direndam dengan sodium percarbonate harus menggunakan air hangat. Kemudian diamkan hingga mengeluarkan buih dan airnya menjadi keruh.

Cara menghilangkan noda minyak di lap dapur, mudah dan antigagal

foto: TikTok/@ayha_nurhidayah

Rendam lap sampai airnya menjadi dingin. Lalu peras lap dan bilas dengan air yang mengalir. Jika sudah, kamu bisa mencuci lap dengan menggunakan detergen. Tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggosok noda yang membandel pada kain lap, Terakhir, bilas kain lap dengan air bersih dan keringkan.

Praktis dan hasilnya benar-benar seperti baru bukan? Noda minyak yang membandel bisa hilang tanpa harus menggosoknya berkali-kali. Video berdurasi 53 detik ini sudah ditonton sebanyak puluhan ribu kali dan mendapat ribuan likes. Banyak juga yang terinspirasi dan mengatakan akan mencobanya di rumah. Ada juga yang sudah melakukan cara yang sama untuk menghilangkan noda minyak di lap dapur.

@ayha_nurhidayah Beneran Ampuh Noda membandel dan noda minyak say good bye Sehappy itu, gak perlu lagi nguras tenaga ngucek2 #lifehacks #cleaningtiktok #cleaninghacks #kitchenhacks #tipsandtricks #cleanwithme #cleanfreshhype #fypviral #lifehackvideo #fyp Home - Zach Sorgen

"Pen coba jdnya," ujar akun TikTok/@susanadewiayu.

"Coba ah. makasih infonya kak," tulis akun TikTok/@picmacemilan.

"Aku juga pake cara ini. Beneran oke," tulis akun TikTok/@Putri.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya