Cara mengupas petai dengan cepat ini mudah ditiru, nggak pakai ribet

Cara mengupas petai dengan cepat ini mudah ditiru, nggak pakai ribet
foto: TikTok/@psnovi

Brilio.net - Sebagai salah satu negara penghasil petai, masyarakat Indonesia tentu sudah nggak asing lagi dengan bahan makanan satu ini. Bahkan, sejumlah negara-negara lain diketahui melakukan impor petai dari Indonesia. Nggak heran, petai banyak digemari untuk diolah jadi sambal dan aneka masakan lainnya.

Kendati demikian, beberapa orang ada yang menghindari makanan satu ini karena aromanya yang cukup menyengat. Meskipun begitu, penggemar petai sendiri masih bisa dibilang cukup banyak. Bahkan, tak sedikit yang rutin menyimpan petai jadi stok di rumah untuk diolah jadi beragam masakan.

Petai bisa dijadikan campuran pada menu tumisan maupun berkuah. Di samping itu, petai pun bisa dikonsumsi langsung usai direbus atau digoreng begitu saja sebagai lalapan. Jangan lupa pula untuk menambahkan sambal dan kerupuk biar rasanya semakin mantap.

Meski pun nikmat, mengupas petai terkadang menjadi tantangan tersendiri. Tak salah, kalau banyak yang lebih tertarik membeli petai dalam keadaan yang sudah dikupas. Padahal, ada cara mengupas petai yang lebih cepat dan mudah. Cara ini dibagikan salah seorang konten kreator di TikTok bernama Novi.

Lewat salah satu unggahannya di TikTok, pemilik akun TikTok/@psnovi ini menunjukkan cara petai yang lebih muda dan beda dari kebanyakan orang. Menurutnya, cara mengupas petai tersebut nggak hanya mudah, tetapi juga bisa membantu mendeteksi apakah ada ulat di dalam petai sebelum diolah.

"Cara ini akan membantu mendeteksi ulat, selamat mencoba," ucapnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@psnovi, Minggu (18/9).

Sebelum mengupas petai, pastikan terlebih dahulu pisau yang akan digunakan tidak tumpul. Kemudian pegang bagian ujung petai dan belah masing-masing isi petai mengarah ke bawah untuk memotong biji petai jadi setengah bagian.

Cara mengupas petai dengan cepat ini mudah ditiru, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@psnovi

Belah terus semua isi petai sampai bagian yang terbawah. Baru kemudian isi petainya diambil satu persatu menggunakan tangan. Masing-masing butiran petai pun tak perlu lagi dipotong usai dikupas karena sudah dibelah dari awal. Cukup simpel, kan?

Cara mengupas petai dengan cepat ini mudah ditiru, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@psnovi

Saat mengambil biji petai satu persatu tersebut, sebaiknya sambil amati apabila di dalam petai ada ulat maupun tidak. Setelah itu, petai yang sudah dikupas bisa langsung dicuci sampai bersih dengan air, ditiriskan, dan diolah jadi aneka hidangan sesuai selera.

Cara mengupas petai dengan cepat ini mudah ditiru, nggak pakai ribet

foto: TikTok/@psnovi

Video cara mengupas petai milik Novi yang diunggah bulan Juli lalu ini rupanya cukup diminati warganet, lho. Terbukti dari viewers video ini yang sudah ditonton jutaan kali. Menilik kolom komentarnya, rupanya ada banyak warganet yang sudah sejak lama tahu cara mengupas petai seperti ini. Di sisi lain, banyak juga yang baru tahu, nih.

@psnovi Ini cara termutahir sih, kalian cobain ga? #psnovi #menusayur #tiapharimasak Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

"Baru tau begitu potong pete," ungkap TikTok/@winkeren.

"Kan emg ky gituu," kata TikTok/@nad.

"Ulat juga suka pete," ujar TikTok/@good luck.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya