Cara menyimpan bumbu petis, tak mudah basi dan berjamur sampai berminggu-minggu

Cara menyimpan bumbu petis, tak mudah basi dan berjamur sampai berminggu-minggu
YouTube/Frety Nita

Brilio.net - Ada banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan petissebagai bumbu utamanya. Misalnya rujak cingur, lontong balap, tahu tek, tahu campur lamongan, dan lain sebagainya. Aroma khas ikan atau udang pada petis membuat masakan yang dicampur dengan bumbu ini jadi punya cita rasa khas tersendiri.

Memiliki persediaan petis di rumah tentu akan mempermudah kamu ketika hendak mengolah masakan dengan bumbu satu ini. Namun perlu diketahui cara menyimpan bumbu petis pun nggak bisa sembarangan, lho. Pasalnya, bumbu petis memang mudah sekali berjamur dan basi jika tidak disimpan dengan baik.

Jika sudah berjamur, bumbu petis pun tidak bisa digunakan lagi dan harus dibuang. Tentu akan sayang sekali jika petis yang disimpan ternyata masih cukup banyak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan bumbu petis supaya bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Jika masih bingung, kamu bisa meniru tutorial menyimpan bumbu petis yang dibagikan oleh salah satu warganet YouTube bernama Frety Nita. Melalui salah satu unggahannya, dia membeberkan cara menyimpan petis supaya lebih tahan lama dan tidak mudah berjamur. Menurutnya, cara menyimpan tersebut bahkan bisa membuat petis awet sampai berminggu-minggu lamanya, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya