Cara menyimpan kunyit agar tak cepat busuk dan berjamur, awet selama berbulan-bulan

Cara menyimpan kunyit agar tak cepat busuk dan berjamur, awet selama berbulan-bulan
foto: YouTube/Dapur Bunda Keysha

Brilio.net - Buat yang hobi masak, pasti sudah sangat familiar dengan kunyit. Rempah yang identik dengan warna jingga kekuningan ini bukan hanya bisa bikin warna masakan jadi cantik dan terasa nikmat, tapi juga kaya manfaat untuk kesehatan. Untuk alasan kesehatan, kunyit kerap dikonsumsi sebagai minuman herbal atau jamu.

Dilansir dari healthline.com, kunyit mengandung zat aktif bernama kurkumin yang bisa mencegah inflamasi, melawan pertumbuhan sel kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kolesterol stabil, dan manfaat lainnya. Kunyit di pasaran pun nggak melulu tersedia dalam bentuk utuh, tapi kerap juga sudah diolah jadi bubuk, sehingga lebih praktis.

Tapi, banyak orang lebih memilih pakai kunyit versi utuh dibanding bubuk karena dianggap lebih segar dan aroma serta warnanya masih begitu kuat. Dilansir dari vahdam.com, kunyit utuh juga punya keunggulan lain, yaitu nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh. Wah, pantas saja banyak yang gemar menyimpan stok kunyit yang masih utuh, ya?

Meski begitu, kunyit utuh memang memiliki masa penyimpanan yang lebih singkat. Jika asal simpan saja, kunyit bisa-bisa membusuk dan berjamur hanya dalam beberapa hari, lho. Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena ada cara menyimpan yang ampuh banget bikin kunyit tetap segar lebih lama. Gimana detail caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya