Cara merebus terong agar warnanya tak menghitam, cukup tambahkan satu bahan dapur

Cara merebus terong agar warnanya tak menghitam, cukup tambahkan satu bahan dapur
YouTube/Mur Chanel

Brilio.net - Selain murah, terong juga termasuk jenis sayuran yang mudah diolah. Ada berbagai macam olahan terong yang lezat dan mudah dibuat. Mulai dari sambal terong, tumis terong, terong balado, salad terong, hingga terong kuah.

Sebagian besar menu terong biasanya memerlukan dua kali proses memasak. Pertama, terong diolah hingga teksturnya lebih lembut dan lunak. Baru kemudian terong akan dimasak ulang bersama dengan aneka bumbu.

Ada berbagai metode memasak yang bisa dilakukan untuk mengubah tekstur terong agar lebih lunak, lho. Salah satunya adalah dengan cara direbus. Metode memasak ini kerap dipilih karena memang dianggap praktis dan lebih sehat.

Namun perlu diketahui bahwa terong yang direbus biasanya mudah berubah warna jadi lebih menghitam. Hal ini disebabkan karena terong termasuk jenis sayuran yang sangat mudah mengalami oksidasi, proses kimia alami akibat oksigen yang terkena dengan bagian buah atau sayur yang sudah terpotong. Nah, paparan oksigen dan uap pada proses perebusan ini lantas berpotensi mengubah warna terong jadi lebih hitam.

Untuk menghindari terong berubah warna, kamu perlu tahu cara merebusnya dengan baik. Salah satu pengguna YouTube bernama Mur Chanel pernah membagikan cara simpel merebus terong yang biasa dia lakukan. Rupanya, cara tersebut bikin terong tetap berwarna ungu segar, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya