Cara mudah bersihkan karat di stick mixer tanpa amplas, ampuh cuma pakai tiga bahan dapur

Cara mudah bersihkan karat di stick mixer tanpa amplas, ampuh cuma pakai tiga bahan dapur
YouTube/Palu Gada

Brilio.net - Ada banyak alat dapur yang terbuat dari besi. Mulai dari panci, sendok, garpu, sutil, dan lainnya. Bukan tanpa alasan, besi memang pada dasarnya sangat kuat dan tahan panas. Dengan begitu, alat dapur pun bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Walau dikenal tahan lama, namun alat dapur berbahan besi ini punya kekurangan tersendiri, nih. Salah satunya adalah mudah berkarat. Saat terkena air secara terus menerus, permukaan alat dapur ini bisa berkarat.

Jika permukaan alat dapur rata seperti sendok atau garpu, mungkin akan lebih mudah membersihkannya. Kamu tinggal menggosok-gosok permukaan yang berkarat tersebut dengan sikat dan sabun. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku pada alat dapur dengan permukaan yang tidak datar, seperti stick mixer.

Stick mixer ini kerap digunakan untuk mengaduk makanan. Karena bentuknya cenderung bulat dan berjarak, stick mixer jadi sulit dibersihkan. Seringkali masih ada noda yang tertinggal di sela-sela bulatan tersebut.

Noda stick mixer yang tidak dibersihkan secara maksimal ini bisa menimbulkan kerak atau bahkan sampai berkarat. Biasanya perlu alat khusus seperti amplas untuk membersihkan karat di sela bagian dalam stick mixer. Bagi sebagian orang, cara ini malah sangat merepotkan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya