Cara mudah bersihkan minyak bekas goreng ikan, efektif basmi bau amis

Cara mudah bersihkan minyak bekas goreng ikan, efektif basmi bau amis
YouTube/IKE SURYANI Channel

Brilio.net - Menggoreng termasuk salah satu metode memasak yang paling sering digunakan. Selain bikin makanan cepat matang, menggoreng juga bisa menghasilkan tekstur garing pada makanan. Biasanya makanan yang garing dan renyah ini bisa lebih menggugah selera, lho.

Ada banyak bahan makanan yang bisa dimasak dengan cara digoreng, salah satunya ikan. Meski bisa bikin ikan jadi matang dan lebih renyah, namun sebagian orang menganggap menggoreng ikan justru boros minyak, lho. Bukan tanpa alasan, minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng ikan biasanya bisa jadi sangat kotor dan amis.

Bau amis tersebut bisa menempel pada makanan yang digoreng dengan minyak yang sama. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang memilih menggoreng ikan terakhir saja, setelah menggoreng bahan makanan lain. Karena minyak bekas tersebut umumnya akan langsung dibuang begitu saja.

Padahal tahu nggak sih, minyak bekas goreng ikan pada dasarnya masih bisa digunakan lagi, lho. Tentu dengan catatan, minyak tersebut masih jernih dan baru digunakan satu atau dua kali. Sehingga bisa dikatakan masih layak pakai.

Ada sebuah cara mudah untuk menghilangkan kotoran dan bau amis pada minyak. Cara ini dibagikan oleh warganet bernama Ike Suryani melalui channel YouTube pribadinya. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku berhasil membersihkan minyak bekas goreng ikan hingga jernih dan nggak bau amis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya