Cara mudah membedakan jengkol tua dan muda, perhatikan bentuknya

Cara mudah membedakan jengkol tua dan muda, perhatikan bentuknya
foto: YouTube/Detektif Pasar

Brilio.net - Jengkol dikenal sebagai makanan yang memiliki aroma menyengat. Namun hal tersebut tidak menghalangi para penggemarnya untuk tetap menyantap hidangan dari jenis polong-polongan satu ini. Perpaduan teksturnya yang legit mirip daging dan rasa jengkol yang khas seakan bikin jengkol makin lezat ketika disantap.

Jika kamu gemar memasak menu jengkol di rumah, penting untuk tahu jenis jengkol yang digunakan. Pasalnya tidak semua jenis jengkol bisa dimasak jadi menu yang lezat dan empuk. Nah, kamu bisa membedakan jenis jengkol dari umurnya, yakni muda dan tua.

Kedua jenis jengkol ini pada dasarnya bisa dikonsumsi. Namun jengkol muda biasanya tidak cocok digunakan untuk diolah kembali karena teksturnya yang keras dan rasanya agak pahit. Jengkol muda ini lebih sering dijadikan sebagai lalapan, yang notabene tak perlu proses pengolahan apapun.

Nah, jika kamu ingin mengolah berbagai olahan jengkol, sebaiknya pilih jengkol yang berumur tua. Jengkol tua ini biasanya lebih empuk dan rasanya pun sedikit manis. Nggak heran kalau jengkol tua kerap diolah jadi aneka masakan seperti semur, balado, rendang, hingga sambal.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan jengkol muda dan tua. Salah satu pengguna YouTube bernama Detektif Pasar pernah membagikan cara membedakan jengkol tersebut. Mulai dari bentuk, tekstur, hingga ukurannya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya