Cara mudah membuat bubur dari nasi kering, lembut dan simpel

Cara mudah membuat bubur dari nasi kering, lembut dan simpel
TikTok/@jenifersutionoo

Brilio.net - Nasi sudah menjadi makanan pokok kebanyakan orang. Untuk memasaknya pun mudah banget, cukup dengan cara beras ditanak menggunakan kompor maupun rice cooker. Saat menanak nasi, masing-masing orang punya selera sendiri, baik dibuat pulen maupun masih agak keras. Untuk menyesuaikannya, tinggal tuang air dengan takaran sesuai selera.

Nah, nasi yang sudah akan habis dikonsumsi, biasanya masih tersisa di bagian bawah panci bukan? Bagian nasi tersebut biasanya sudah agak mengering lantaran terlalu lama terkena panas. Bagi kebanyakan orang, nasi yang sudah kering tak lagi nikmat, sehingga sering kali dibuang begitu saja. Padahal, nasi sisa tersebut masih bisa diolah jadi aneka hidangan lezat, lho. Bisa dikreasikan jadi kerupuk, pempek, cireng, sampai bubur.

Wah, nasi kering diolah menjadi bubur, apa bisa? Memang terlihat mustahil, tapi nasi kering ternyata bisa disulap jadi bubur, lho. Salah seorang pemilik akun TikTok bernama Jennifer Sutiono mengaku sangat sayang kalaunasi sisayang sudah kering dibuang begitu saja. Ia pun mencoba mengolahnya kembali jadi bubur dan malah ketagihan untuk membuatnya terus saat punya nasi sisa di rumah.

"Cara praktis supaya ga buang2 nasi! Praktis banget kann, anti ribettt!," tulis Jennifer Sutiono dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@jennifersutionoo pada Rabu (3/8).

Mungkin ada yang meragukan apakah nasi sisadapat dimasak kembali. Rupanya, dilansir dari medicalnewstoday.com, nasi sisa yang diolah lagi tetap aman untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya nasi sisa cukup dimasak kembali satu kali saja. Jika lebih dari sekali, bisa jadi nasi sudah tak segar dan nggak lagi aman untuk dikonsumsi.

Nah, untuk membuat bubur dari nasi sisa, pemilik akun TikTok/@jennifersutionoo langsung pakai panci dan rice cooker di mana nasi sisanya ditanak sebelumnya. Tapi, sebelum memasukkan bahan tambahan, nasinya sedikit ia pisah-pisahkan terlebih dahulu menggunakan centong biar nggak terlalu menggumpal. Kemudian, ia tuang air seperti memasak nasi pada umumnya.

Cara mudah membuat bubur dari nasi kering, lembut dan simpel

foto: TikTok/@jennifersutionoo

Biar rasa buburnya lebih gurih dan enak, ia pakai beberapa bumbu seperti bawang putih, kaldu jamur, dan garam secukupnya. Bawang putihnya pun tak perlu dicincang, cukup digeprek saja biar rasa dan aromanya keluar. Jennifer Sutiono kemudian menyalakan rice cooker dan menanak nasi seperti biasanya. Saat sudah matang, ia aduk buburnya agar bumbu lebih rata dan langsung disajikannya di atas mangkuk.

Cara mudah membuat bubur dari nasi kering, lembut dan simpel

foto: TikTok/@jennifersutionoo

Supaya bubur buatannya semakin enak, Jennifer Sutiono juga menaburi lada, bubuk cabai, serta lauk. Pemilik TikTok/@jennifersutionoo yang sudah punya lebih dari tiga juta followers ini mengaku terkadang saat malas memasak lauk, ia cukup menaburi abon ayam di atas buburnya. Cukup dengan lauk abon begitu saja, ia akui hidangannya sudah sangat lezat.

"Dan yang paling praktisnya lagi, tinggal tambahin abon kaya gini jadi nggak usah masak-masak lagi," jelas Jennifer Sutiono.

Cara mudah membuat bubur dari nasi kering, lembut dan simpel

foto: TikTok/@jennifersutionoo

Resep bubur dari nasi sisa ini cocok dicoba buat anak kos, ibu rumah tangga, maupun siapa saja yang punya nasi sisa kering di rumah. Menariknya lagi, bisa makin hemat, kan?

"bermanfaat nih wajib coba ," ujar akun TikTok/@laaa.

"tapi gasuka abon kak kwkw, mungkin ceplok telur bisa kali ya," tulis akun TikTok/@nata di kolom komentar.

"waaa pastii kucoba sih cara ini , timaacii ka ," ungkap akun TikTok/@upa.

"aaa gampng bngtt," seru akun TikTok/@mau jdi animek.

"aaaa thankyou soalnya klo aku udh g kemakan nasi kering gitu," kata akun TikTok/@.

@jennifersutionooCara praktis supaya ga buang2 nasi! Praktis banget kann, anti ribettt!#milenial#masakdirumah#resepsimple Bubble - Official Sound Studio

[crosslink_1]

(brl/lut)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA