Cara mudah membuat gula kastor sendiri di rumah, cocok untuk baking

Cara mudah membuat gula kastor sendiri di rumah, cocok untuk baking
TikTok/@hungrymikego

Brilio.net - Gula menjadi salah satu komponen penting dalam pembuatan kue. Bagi kamu yang hobi membuat kue (baking), tentu tidak asing lagi dengan banyaknya jenis gula yang digunakan. Mulai dari gula pasir putih, gula pasir cokelat, gula halus, gula palem, hingga gula kastor.

Walau sama-sama dapat membuat kue jadi lebih manis, namun setiap gula perlu digunakan dengan hati-hati karena memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya gula kastor yang kerap digunakan untuk baking dan membuat kue kering.Gula ini cenderung mudah larut di adonan sekaligus dapat membuat kualitasnya jadi lebih baik.

Melansir dari thespruceeats.com, gula kastor (caster sugar) adalah sebutan untuk gula pasir yang teksturnya sangat halus. Namun meskipun begitu, gula kastor tidak selembut gula halus bubuk (icing sugar) yang teksturnya cenderung menyerupai tepung. Gula kastor sendiri masih memiliki tekstur butiran.

Konsistensi gula kastor ini berada di tengah-tengah antara gula pasir dan gula halus. Nah, gula kastor umumnya bisa didapat di toko-toko kue. Namun gula kastor sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan mudah, lho. Bahan dan proses pembuatannya pun cenderung nggak ribet.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya