Cara praktis membungkus nasi pakai daun pisang, rapi dan cantik

Cara praktis membungkus nasi pakai daun pisang, rapi dan cantik
TikTok/@ayu_kalila

Brilio.net - Daun pisang masih banyak digunakan untuk membungkus makanan, terutama buat menyimpan nasi. Selain lebih ramah lingkungan, membungkus pakai daun pisang ini dipercaya bisa membuat nasi lebih awet, enak, wangi, dan tidak mudah kering.

Dilansir dari happybellyfish.com, nasi yang dibungkus pakai daun pisang juga bisa terasa hangat lebih lama, aromanya pun nikmat, dan bisa menambah rasa sedikit rasa manis pada nasi. Siapa yang makannya jadi lebih lahap kalau nasinya dibungkus daun pisang?

Nah, biasanya, keterampilan membungkus nasi pakai daun pisang dimiliki oleh orang-orang yang punya bisnis makanan. Untuk membungkus nasi, dibutuhkan daun pisang bertekstur lentur biar lebih mudah saat dilipat.

Untuk melenturkan daun pisang, bisa dengan dipanaskan api kompor maupun dijemur di bawah sinar matahari beberapa saat. Di samping itu, ada pula jenis daun pisang yang memang sudah lentur, lho. Dikenal pula dengan nama daun pisang klutuk. Usai dibersihkan, daun pisang ini bisa langsung dipakai untuk membungkus nasi.

Salah seorang warganet bernama Ayu Kalila yang memiliki bisnis makanan ini sering memakai daun pisang klutuk untuk membungkus nasi. Melalui akun TikTok pribadinya, ia memperlihatkan cara membungkus nasi pakai daun pisang supaya makin rapi.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA