Cara rebus ayam kampung agar empuk dan mudah diolah tanpa presto

29 / 06 / 2022 20:02 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cara rebus ayam kampung agar empuk dan mudah diolah tanpa presto
TikTok/@fajarlele

Brilio.net - Siapa sih yang tak suka dengan daging ayam? Salah satu sumber protein ini sangat mudah didapat dan diolah. Namun ada juga jenis ayam yang butuh proses pengolahan tertentu, misalnya ayam kampung.

Memiliki rasa yang lebih gurih membuat ayam kampung seringkali jadi pilihan banyak orang. Bahkan air kaldu yang dihasilkan dari rebusan daging ayam kampung pun juga menghasilkan cita rasa gurih dan khas.

Berbeda dengan ayam broiler atau ayam negeri, ayam kampung memiliki tekstur daging lebih alot dan keras. Oleh karena itu, perlu cara lebih khusus dalam mengolah ayam kampung ini.

Pada dasarnya ayam kampung perlu dimasak dengan presto supaya dagingnya lebih empuk. Namun sekarang ada banyak cara lain yang bisa dilakukan jika kamu memiliki alat memasak yang terbatas, misalnya tidak ada presto di dapur.

Salah satu unggahan video yang dilansir BrilioFood dari TikTok/@fajarlele pada Rabu (29/6), membeberkan rahasia masak ayam kampung supaya bisa empuk tanpa presto.

Cara rebus ayam kampung agar empuk dan mudah diolah tanpa presto

foto: TikTok/@fajarlele

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah soal pemilihan ayam kampung saat hendak dibeli. Pilih ayam kampung yang masih muda yang tekstur dagingnya cenderung lebih empuk, dibandingkan ayam kampung tua. Setelah itu, potong-potong ayam kampung menjadi empat bagian.

"Tips pertama, kalian harus menggunakan ayam kampung yang masih muda, baik yang betina ataupun yang jantan juga boleh," ungkap pemilik video TikTok/@fajarlele.

Lantas, rebus ayam kampung menggunakan air yang cukup banyak. Lalu tambahkan biji kurma. Biji kurma ini menjadi salah satu kunci untuk membuat daging ayam kampung jadi lebih empuk. Penggunaan jumlah biji kurma juga perlu diperhatikan. Masukkan biji kurma dalam jumlah ganjil seperti tiga, lima, atau tujuh.

"Bisa untuk mengempukkan ayam kampung maupun daging," ujar sang pemilik video.

Cara rebus ayam kampung agar empuk dan mudah diolah tanpa presto

foto: TikTok/@fajarlele

Selain biji kurma, tambahkan juga bumbu aromatik seperti daun salam, serai, dan daun kari saat merebusayam. Tambahkan bumbu dasar kuning, garam, dan penyedap supaya daging lebih gurih dan kaya rasa. Kemudian tutup panci dan rebus hingga 45 menit. Setelah itu, daging ayam kampung siap digoreng.

Hasil tekstur daging pun empuk dan mudah terlepas dari tulangnya. Daging ayam yang sudah dimasak ini juga bisa diolah kembali jadi berbagai macam menu masakan.

Cara rebus ayam kampung agar empuk dan mudah diolah tanpa presto

foto: TikTok/@fajarlele

Video yang telah disukai lebih dari 51 ribu pengguna ini turut banjir komentar warganet. Tidak sedikit yang merasa videonya sangat bermanfaat dan langsung ingin mencoba tips tersebut.

"ternyata begini toh
baru tauuu," tulis akun TikTok/@naimahjuli di kolom komentar.

"kq bs k'betuln bgt y.....0ma kmrn slm ramadhan ngumpulin biji" kurma (g tahu az mw tuk apa).....cuusz nyoba aach...tq y ngaab chef ," ungkap akun TikTok/@nienksih.

"makasih bnyk cheff..," tutur akun TikTok/@wita133.

"makasih tipsnya bang . ternyata bukan nanas aja yg bisa empukin," komentar akun TikTok/@yoeniscorpy.

"wow.. br tau nih mas. makasih banyak ya tips nya," ujar akun TikTok/@steelmagnolia219.

Kamu juga bisa mencobanya di rumah, lho.

@fajarlele Balas @woman1901 rahasia masak tanpa presto bisa empuk @trendywijaya #semuabisaenak #MSG #SemuaBisaEnak #fyp Beef- - Official Sound Studio

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA