Cocok jadi ide jualan, simak cara membuat seblak kering biar teksturnya renyah

Cocok jadi ide jualan, simak cara membuat seblak kering biar teksturnya renyah
foto: YouTube/Mang Baban Channel

Brilio.net - Tak cuma budayanya saja, namun Indonesia juga memiliki beragam menu masakan Nusantara yang menggugah selera, salah satunya adalah seblak. Makanan yang berasal dari Bandung ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Tak salah, jika banyak yang dibuat ketagihan saat menyantapnya.

Pada umumnya, seblak berbahan dasar kerupuk yang direndam air panas supaya jadi lembek. Kerupuk tersebut kemudian dicampur dengan kencur maupun cabai yang banyaknya sesuai selera. Saat ini, seblak pun berkembang dengan berbagai varian isi. Tak hanya kerupuk, tapi juga ada bakso, sosis, ceker, makaroni, hingga aneka seafood.

Nggak hanya seblak rebus, namun kini terdapat seblak kering yang memiliki tekstur renyah seperti kerupuk pada umumnya. Cara membuat seblak kering pun berbeda dari cara membuat seblak biasanya. Meskipun masih menggunakan kerupuk sebagai bahan dasarnya, namun kamu tak perlu merendamnya dengan air panas.

Kerupuk hanya perlu digoreng langsung di wajan bersama bumbunya. Ada juga yang menggoreng kerupuknya terlebih dahulu, baru bumbu ditaburkan di atasnya. Nah, biasanya kerupuk yang digunakan adalah kerupuk bantat atau yang tidak mekar. Oleh karena itu, membuat seblak kering membutuhkan trik khusus agar tekstur kerupuk tidak keras saat dikonsumsi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya