Cuma butuh 10 menit, begini cara merebus sagu mutiara hingga matang sempurna

Cuma butuh 10 menit, begini cara merebus sagu mutiara hingga matang sempurna
YouTube/Dapur Family

Brilio.net - Sagu mutiara kerap diolah menjadi hidangan lezat, baik menu tradisional maupun modern. Misalnya untuk bubur, bongko awung, jentik manis, campuran minuman, dan aneka makanan manis lain. Warnanya merah cantik bak mutiara membuat olahan tepung sagu ini menggugah selera.

Dalam kondisi mentah, sagu mutiara ini berbentuk seperti butiran kerikil keras. Oleh karena itu, sagu mutiara pun harus direbus terlebih dahulu supaya lebih lunak. Jika sudah matang, sagu mutiara akan lebih mengembang dan berbentuk bola-bola kenyal.

Sayangnya, merebus sagu mutiara ini susah-susah gampang bagi sebagian orang, nih. Karena tak jarang, hasil sagu mutiara yang sudah direbus tidak sesuai ekspektasi. Alih-alih cantik, justru teksturnya lengket dan mudah menggumpal. Atau masih ada bintik putih di bagian tengahnya, yang menandakan bahwa sagu mutiara belum sepenuhnya matang.

Usut punya usut, untuk merebus sagu mutiara ini perlu beberapa metode. Nah, metode yang paling umum adalah dengan pesto. Selain cepat empuk, penggunaan presto juga bisa bikin proses perebusan lebih cepat sehingga hemat gas.

Selain menggunakan presto, sagu mutiara juga bisa direbus dengan panci biasa. Namun perebusan dengan cara ini terbilang lebih lama. Setidaknya butuh waktu 20-30 menit untuk membuat sagu mutiara benar-benar matang sempurna.

Dalam menanggapi hal tersebut, seorang pengguna YouTube Dapur Family pun angkat suara. Meski tanpa presto, dia membagikan sebuah tutorial merebus sagu mutiara dalam waktu yang lebih singkat. Menurutnya, merebus sagu mutiara bisa dilakukan hanya dalam 10 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya