Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara bersihkan bagian dalam panci presto yang gosong

Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara bersihkan bagian dalam panci presto yang gosong
YouTube/Mami Cia

Brilio.net - Ada banyak sekali jenis alat masak yang tersedia di pasaran. Buat yang punya hobi memasak, pasti sudah nggak asing dengan panci presto. Berbeda dengan panci biasa, panci presto ini punya tutup sangat rapat agar dapat mengunci uap panas di dalamnya. Dengan begitu, hidangan pun jadi lebih cepat matang.

Oleh sebab itu, panci presto ini sering digunakan untuk memasak bahan masakan yang umumnya membutuh waktu lama. Contohnya seperti daging sapi, daging kambing, ayam kampung, dan lain sebagainya.

Sayangnya tidak semua orang paham cara menggunakan panci presto ini, lho. Ada kalanya sejumlah orang justru keliru saat menggunakan panci presto. Alih-alih, masakan jadi matang kian cepat, karena hanya menuang sedikit air, hasilnya justru gosong. Parahnya lagi, bukan hanya mendapatkan masakan gosong, bagian dalam panci presto pun otomatis ikut menghitam.

Jika panci menghitam, rasanya begitu menjengkelkan. Pasalnya, bagian gosong di panci presto tersebut akan sangat sulit dibersihkan. Belum lagi, jika digosok sekuat tenaga menggunakan sikat atau sabut cuci piring untuk menghilangkan bekas gosong, lapisan dalam panci bisa-bisa ikut terkikis.

Namun, kamu nggak perlu bingung, karena ada cara mudah untuk membersihkannya tanpa merusak panci presto, nih. Cara ini sempat dibagikan oleh warganet yang akrab disapa Mami Cia lewat unggahan di YouTube. Menurutnya, bagian dalam panci presto yang gosong bisa dibersihkan sampai kinclong lagi seperti baru.

"Ndak usah khawatir, karena ini masih bisa dibersihkan ya, dengan cara sederhana, dengan bahan sederhana yang tentunya ada di sekitar kita," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Mami Cia pada Selasa (10/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya