Cuma pakai dua bahan, ini 9 cara simpel bikin kwetiau mentah ala Chef Devina

Cuma pakai dua bahan, ini 9 cara simpel bikin kwetiau mentah ala Chef Devina
foto: YouTube/Devina Hermawan

Brilio.net - Kwetiau merupakan jenis mi yang dipopulerkan masyarakat Tionghoa yang menjadi favorit orang Indonesia. Perpaduan mi yang kenyal dan bumbu rempah yang digunakan untuk membuat olahan kwetiau selalu membuat ketagihan. Nggak harus ke restoran China, olahan kwetiau sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Apalagi kini sudah banyak dijual kwetiau siap olah.

Meski begitu, pada dasarnya kwetiau mentah bisa dibuat dengan mudah, lho. Jika bingung resepnya, kamu bisa meniru tutorial dan cara membuat kwetiau yang dilakukan oleh Chef Devina Hermawan. Melalui salah satu unggahannya di YouTube, celebrity chef jebolan MasterChef Indonesia ini membagikan membuat kwetiau mentah homemade yang menghasilkan tekstur kenyal. Menurutnya, penting untuk memperhatikan takaran tepung yang digunakan.

"Mungkin kalau kalian lebih suka kwetiau itu yang empuk, nah itu tepung tapiokanya boleh dikurangi. Tapi yang hari ini aku bikin itu kwetiau yang lebih kenyal, jadi tepung tapioka agak banyak," ungkap Chef Devina.

Dalam membuat kwetiau mentah ini, Devina hanya menggunakan dua bahan dasar, yakni 240 gr tepung beras dan 80 gr tepung tapioka. Namun dia tetap menambahkan air, minyak, dan sedikit garam sebagai pelengkap dalam proses pembuatan kwetiau tersebut. Meski buatan sendiri, namun kwetiau mentah ini rasanya tak kalah dari buatan pabrik.

Selain itu, hasilnya juga lebih sehat karena bebas pengawet. Nah, untuk mengetahui cara membuatnya lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya, dilansir BrilioFood dari YouTube/Devina Hermawan pada Kamis (29/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya