Cuma pakai empat bahan, ini 7 cara membuat kulit sosis solo yang lembut dan tak mudah sobek

Cuma pakai empat bahan, ini 7 cara membuat kulit sosis solo yang lembut dan tak mudah sobek
foto: YouTube/Nur Islamiyah Muchsin

Brilio.net - Sesuai namanya, sosis solo merupakan kuliner khas dari daerah Solo, Jawa Tengah. Meskipun namanya sosis, namun jajanan satu ini justru lebih mirip dengan lumpia dan risol. Bedanya, sosis solo menggunakan kulit yang lebih lembut.

Kulit sosis solo yang lembut ini nanti akan membuat tampilannya tampak lebih padat dibandingkan lumpia atau risol. Saat digoreng, kulit sosis solo akan menghasilkan tekstur renyah di bagian luar, namun lembut di bagian dalamnya. Sedangkan jika dikukus, kulit sosis solo akan lebih lembut, baik di bagian luar maupun dalamnya.

Untuk menghasilkan kulit sosis solo yang lembut, adonan yang dibuat pun nggak boleh sembarangan. Takaran antara tepung, telur, dan airnya harus pas. Secara keseluruhan, hasil adonan biasanya cenderung agak cair.

Jika penasaran, kamu bisa meniru resep kulit sosis solo yang dibagikan seorang pengguna YouTube bernama Nur Islamiyah Muchsin. Dalam salah satu video yang diunggah, dia membeberkan cara membuat kulit sosis solo yang nggak cuma lembut, namun juga lentur. Sehingga kulit sosis solo buatannya ini tak mudah sobek.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung simak cara membuat kulit sosis solo yang telah BrilioFood himpun dari YouTube Nur Islamiyah Muchsin pada Rabu (1/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya