Cuma pakai sampah dapur, ini cara mudah menambal panci bocor berlubang

Cuma pakai sampah dapur, ini cara mudah menambal panci bocor berlubang
TikTok/@silviavicho23

Brilio.net - Memang zaman sekarang teknologi sudah begitu berkembang, sehingga memudahkan siapa saja untuk membeli makanan lewat aplikasi online secara instan. Namun, ada pula sejumlah orang yang lebih memilih untuk rutin memasak sendiri di rumah.

Dilansir dari food-guide.canada.ca, sering memasak bisa mengurangi konsumsi makanan kurang sehat yang dijual di pasaran. Misalnya makanan olahan, tinggi MSG, kaya lemak jenuh, dan lainnya. Di sisi lain, masak juga terbukti ampuh menekan pengeluaran harian agar kamu tetap hemat.

Meski begitu, momen masak memang nggak selalu sukses. Terkadang, bisa saja muncul kendala tertentu di dapur. Salah satu contohnya yaitu kebocoran panci. Jika panci bocor, otomatis tak aman lagi digunakan. Selain masakan jadi terbuang percuma, bisa berbahaya pula jika bahan masakan menetes ke api kompor.

Namun, panci yang bocor jangan buru-buru dibuang, ya. Karena ternyata bisa diperbaiki dengan mudah, lho. Mengintip dari video milik akun TikTok bernama Silvia, rupanya panci bocor bisa ditambal cukup dengan bahan bekas berbahan alumunium foil yang ada di rumah, nih. Silvia menggunakan pembungkus bumbu kaldu bekas.

"tambal panci bekas bungkus kaldu," ujarnya dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@silviavicho23 padaJumat (2/9).

Langkah pertama adalah menyiapkan bungkus kaldu yang sudah tak terpakai. Kemudian gunting jadi kecil supaya dapat menutupi lubang panci. Lalu bungkus tersebut ia letakkan di bagian yang berlubang. Pastikan lubang berhasil tertutup sempurna biar nggak mudah bocor lagi.

Cuma pakai sampah dapur, ini cara mudah menambal panci bocor berlubang

foto: TikTok/@silviavicho23

Kemudian, tambalan dari bungkus kaldu tersebut harus dipanaskan menggunakan api sebentar saja. Silvia menggunakan alat torch untuk memanaskannya. Jika tak ada torch, bisa pula menggunakan korek api maupun lilin.

Cuma pakai sampah dapur, ini cara mudah menambal panci bocor berlubang

foto: TikTok/@silviavicho23

Setelah itu, pegang dan pastikan tambalan menempel sempurna di panci dan tak lagi menyisakan lubang. Jika masih belum cukup menempel, bisa ulangi proses memanaskannya dengan api. Cara ini rupanya efektif, lho. Karena bungkus kaldu terbuat dari alumunium foil yang memang dapat menghantarkan panas.

Cuma pakai sampah dapur, ini cara mudah menambal panci bocor berlubang

foto: TikTok/@silviavicho23

Video cara menambal panci bocor yang diunggah Silvia ini pun banyak membantu penghuni TikTok lain. Selain telah ditonton jutaan kali, kolom komentarnya juga dibanjiri respons menarik dari warganet.

"waah kebetulan banget ada panci bolong dan kebetulan banget abis beli refillan royco juga. cus di cobaaaaa, thx kaaa," ungkap TikTok/@ dilansir BrilioFood pada Kamis (1/9).

"btw bapak w tau dr mn ya, padahal bpak w ga punya tiktok," kata TikTok/@bella.bee8.

"pake bungkus micin jg bisa.. bekas tempat pasta gigi jg bisa..," imbuh TikTok/@nitharahman87.

"udah liat vt ini lama tp baru aku praktekkin. ALHAMDULILAH.. berhasiiiiiiil. makasih banyak ya kk. aku sengaja cari vt ini buat bilang makasih banyak," ujar TikTok/@Siti Megawati135.

"emakku juga gitu, tk tanya dpat ide darimana kayanya dari pesbuk ," jelas TikTok/@Umi Muthohharoh.

@silviavicho23 tambal panci bekas bungkus kaldu #royco #bungkus #tambal #pancibolong Cooking BGM (Japanese style) - ArcTracks

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya