Cuma pakai satu bahan dapur, begini trik jitu menghilangkan pengawet pada tahu

Cuma pakai satu bahan dapur, begini trik jitu menghilangkan pengawet pada tahu
YouTube/Bunda Kabari

Brilio.net - Memberikan pengawet pada makanan memang sudah menjadi hal lumrah. Bukan tanpa alasan, pengawet memang dibutuhkan untuk menjaga kualitas suatu makanan agar lebih tahan lama. Semakin lama masa simpannya, makanan tersebut jadi tetap segar.

Di antara banyaknya bahan makanan berpengawet, tahu termasuk salah satunya. Beberapa produsen tahu skala besar memang kerap memberikan pengawet tambahan. Hal ini bertujuan supaya tahu tidak mudah basi saat dijual.

Meskipun beberapa bahan pengawet memang aman dikonsumsi, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada efek tertentu jika mengonsumsi makanan berformalin dalam jumlah banyak. Dilansir dari ket.co.in, beberapa pengawet makanan yang mengandung nitrit dan nitrat akan membentuk agen penyebab kanker jika bercampur dengan asam lambung.

Hal seperti ini yang juga membuat pengguna YouTube Bunda Kabari cukup selektif dalam mengolah bahan makanan seperti tahu. Pasalnya, tahu yang dijual di pasar biasanya mengandung pengawet. Parahnya lagi, beberapa pedagang nakal justru memberikan pengawet yang seharusnya tidak boleh digunakan pada bahan makanan, seperti formalin.

"Jika kita membeli tahu, kita tidak tahu apakah ini mengandung formalin atau tidak. Karena biasanya ada pedagang-pedagang nakal yang suka memberi pengawet di dalam makanan, salah satunya adalah tahu ini sering dikasih formalin agar awet dan tidak cepat asam atau tidak cepat basi," kata YouTube Bunda Kabari dikutip BrilioFood pada Selasa (14/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya