Cuma pakai satu bumbu masak, begini cara mengatasi wajan kwalik yang lengket

Cuma pakai satu bumbu masak, begini cara mengatasi wajan kwalik yang lengket
YouTube/Asahid TehYung

Brilio.net - Wajan kwalik atau crepe maker merupakan salah satu jenis wajan yang kerap digunakan untuk membuat crepes, kulit risol, kulit lumpia, kulit martabak, dan lainnya. Dilihat dari segi penggunaan, wajan ini biasanya dipakai dengan cara dibalik. Sehingga wajan ini dinamakan sebagai wajan kwalik (wajan terbalik).

Jadi biasanya, bagian bawah wajan yang sudah dipanaskan akan dicelupkan ke adonan. Karena bentuknya cenderung bulat, adonan pun akan menghasilkan bentuk bulat seperti itu pula. Sedangkan permukaan wajan yang panas akan membuat adonan langsung set.

Namun sama seperti wajan pada umumnya, wajankwalik ini juga rentan lengket, lho. Saat adonan sudah matang dan hendak dikeluarkan dari wajan, biasanya ada sisa-sisa adonan yang menempel dan lengket. Jika adonan lengket di wajan, bisa membuat hasil kulit lumpia atau risol jadi nggak mulus.

Tapi jangan khawatir, ada sebuah trik yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Trik ini pernah dipaparkan pengguna YouTube dengan nama Asahid TehYung. Saat itu, dia mengaku tengah membuat kulit lumpia. Namun, saat kulit lumpia hendak dilepas dari wajan kwalik, justru lengket dan ada sisa-sisa adonan menempel yang sulit dilepas.

"Adonannya malah menempel dan susah dilepas. Kalau kalian mengalami hal yang sama, jangan khawatirnya, ya, teteh punya tipsnya," ungkap YouTube/Asahid TehYung.

Cuma pakai satu bumbu masak, begini cara mengatasi wajan kwalik yang lengket

foto: YouTube/Asahid TehYung

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya