Cuma pakai teflon, ini cara menggoreng peyek agar bentuknya rapi dan bulat sempurna

Cuma pakai teflon, ini cara menggoreng peyek agar bentuknya rapi dan bulat sempurna
foto: YouTube/IbuMalikMasak

Brilio.net - Tak cuma kaya akan budayanya saja, namun Indonesia sendiri juga memiliki segudang makanan khas yang menggugah selera. Salah satu makanan khas yang jadi favorit banyak orang adalah rempeyek. Makanan yang bisa juga disebut peyek ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Selain bisa dimakan langsung, peyek juga cocok dipakai sebagai pendamping makanan berat. Kamu bisa dengan mudah menjumpai peyek di luaran sana. Peyek pun dijual dengan berbagai varian topping, mulai dari kacang, udang, teri, dan bahan lainnya. Topping inilah yang membuat peyek semakin lezat saat disantap.

Tak melulu membelinya di luar, kamu bisa, lho membuat peyek sendiri di rumah. Selain karena cara membuatnya yang mudah, kamu juga bisa membuat peyek dalam jumlah yang lebih banyak. Meskipun begitu, ternyata sebagian orang mengalami kendala saat akan membuat peyek. Bukan saat membuat adonan, melainkan saat menggorengnya. Mengingat adonan peyek yang memiliki tekstur yang sangat cair.

Jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat, alhasil saat dimasukkan ke dalam penggorengan, bentuknya menjadi berantakan. Alhasil bentuk peyek menjadi tidak menarik lagi. Sebagai solusinya, sebagian orang menggunakan cetakan khusus saat menuangkan adonan ke penggorengan.

Namun, jika kamu tidak memilikinya, terdapat solusi yang bisa kamu tiru. Solusi ini dibagikan oleh salah seorang warganet dengan nama akun YouTube IbuMalikMasak. Di videonya tersebut, selain membagikan resep, ia juga menunjukkan tutorial bagaimana menggoreng peyek tanpa memerlukan cetakan. Meski tanpa cetakan, peyek yang dihasilkan tetap berbentuk rapi dan bulat secara sempurna. Nah, ternyata terdapat beberapa bahan yang harus kamu gunakan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya