Hanya pakai garpu, ini cara melepaskan tendon pada ayam

Hanya pakai garpu, ini cara melepaskan tendon pada ayam
foto: TikTok/@frannielovesfood

Brilio.net - Daging ayam sering menjadi bahan makanan yang diolah menjadi lauk sehari-hari bagi banyak orang. Mempunyai cita rasa yang enak, ayam juga dikenal memiliki gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari chickenbrasa.com, ayam punya protein yang tinggi, vitamin, mineral, antioksidan, dan lain sebagainya untuk menunjang kesehatan.

Semua bagian tubuh ayam bisa kamu olah jadi beragam hidangan. Banyak sekali kreasi hidangan yang bisa dibuat dari ayam. Mulai dari sup ayam, ayam goreng, tumisan ayam, hingga ayam kodok. Cara memasaknya yang cukup mudah membuat siapa saja bisa mengolahnya tanpa harus mahir dalam teknik tertentu.

Untuk kamu yang ingin menikmati olahan ayam, namun hanya mempunyai waktu sedikit, kamu bisa memilih untuk mengolah ayam fillet. Ayam fillet merupakan daging yang sudah dipisahkan dari tulang dan tendon. Daging ayam yang sudah terpisah dari tendonnya ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal.

Namun, jika kamu hanya mempunyai potongan daging ayam yang masih menyatu dengan tendon, tak perlu khawatir. Kamu bisa meniru trik memisahkan tendon pada ayam dari salah satu pengguna TikTok bernama Frannie. Tak memerlukan alat khusus, yang dibutuhkan hanyalah satu buah garpu.

Hanya pakai garpu, ini cara melepaskan tendon pada ayam

foto: TikTok/@frannielovesfood

Dilansir BrilioFood dari TikTok/@frannielovesfood pada Selasa (20/9), cara mudah untuk melepaskan tendon pada ayam adalah dengan mencuci daging ayam yang akan diolah terlebih dahulu. Kemudian siapkan tisu kering untuk memegang daging ayam. Pastikan kamu menyentuh bagian tendonnya.

Hanya pakai garpu, ini cara melepaskan tendon pada ayam

foto: TikTok/@frannielovesfood

Kemudian ambil satu buah garpu, letakkan tandon ayam di sela-sela garpu dan tarik garpu dari arah atas ke bawah. Lakukan secara perlahan agar tandon daging ayam tidak putus di tengah jalan. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan daging ayam yang terbebas dari tandonnya.

Setelah itu daging ayam bisa langsung diolah sesuai selera. Video milik TikTok/@frannielovesfood ini telah disukai puluhan ribu warganet lho. Di kolom komentarnya juga ramai pujian dari warganet karena merasa terbantu dengan video tersebut.

@frannielovesfood #chickentenderhack #chickentenders #kitchenhack #hacktok #lifehacks #kitchentips #ShowUsYourDrawers How You Like That - BLACKPINK

"Thank you because I gag at those tenders and cannot eat the chicken with the thought of it So yeahhh (Terima kasih karena saya muntah pada tender itu dan tidak bisa makan ayam dengan memikirkannya Jadi yeahhh)," tulis akun TikTok/@sharlene1575.

"Works for me! Make sure ur chicken is completely thawed and it works the best. (Sangat berfungsi untuk ku. Pastikan ayam mu benar-benar dikeringkan dan berfungsi dengan baik)," ujar akun TikTok/@terrismith31.

"I always waste so much chicken by cutting it away but this is amazing (Saya selalu membuang begitu banyak ayam dengan memotongnya tapi ini luar biasa)," ujar akun TikTok/@smiles.83.

"Great thanks for letting me know i dobt understabd people who leave all the junk on and cooking it (terima kasih banyak telah memberi tahu saya bahwa saya tidak mengerti orang-orang yang meninggalkan semua bagian ayam dan memasaknya)," tulis akun TikTok/@judyhobs567.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya