Ini filosofi ketan, makanan khas Indonesia yang legendaris

Ini filosofi ketan, makanan khas Indonesia yang legendaris

Brilio.net - Keragaman yang ada di Indonesia rupanya tak hanya suku dan budayanya, tapi juga kulinernya yang sangat beragam. Salah satu kuliner legendaris Indoensia yang saat ini masih menjadi santapan masyarakat adalah ketan.

Ya, ketan merupakan jajanan pasar asli Indonesia. Bahkan, Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia, Ucu Sawitri mengatakan ketan itu sendiri sudah ada sejak zaman Majapahit.

"Budaya Indonesia kan emang senengnya emang ngumpul. Jadi sambil ngumpul, ditemani dengan teh hangat atau kopi, dan makanannya itu ketan," ucapnya kepada media belum lama ini.

Bagi masyarakat zaman dahulu, ketan itu kan memiliki tekstur yang lengket dan menempel, jadi diibaratkan saat berkumpul kedekatannya semakin akrab.

"Zaman dahulu bukan hanya orang kerajaan aja berkumpul, tapi rakyat jelata juga. Ada minuman entah kopi atau teh di dalam kendi, pasti ada jajanan kecilnya, nah itu terbuat dari ketan. Nah ketan itu kan glutennya tinggi, nah dia lengket, satu sama lain kan lengket tuh nah itu diibaratkan ngumpul sore itu kedekatan kita semakin akrab dan baik," jelasnya.

Selain itu juga teman makan ketan biasanya yang manis-manis dengan dicampur kelapa dan gula Jawa. Rasa manisnya itu juga memiliki arti penting di perkumpulan itu.

"Manisnya itu filosofinya hasil ketemuan kita itu menghasilkan yang indah-indah, bila ada masalah, pasti ada jalan keluarnya," pungkasnya.

(brl/ton)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya